Hari Diabetes Sedunia: Pantang Menyerah, Siaga Gula Darah

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 19 November 2020 06:13
Hari Diabetes Sedunia: Pantang Menyerah, Siaga Gula Darah
Ketahui kadar gula kamu sedari dini.

Dream - Dalam rangka peringatan Hari Diabetes Sedunia setiap 14 November, Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) bekerja sama dengan Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) meluncurkan program “ Pantang Menyerah, Siaga Gula Darah”.

Program itu merupakan pelayanan konsultasi seputar manajemen diabetes kepada masyarakat umum, juga edukasi diabetes melalui platform layanan Good Doctor dan media sosial.

Melalui program ini, masyarakat kini sudah dapat mengakses layanan konsultasi manajemen diabetes dari mitra dokter Spesialis PERKENI di platform Good Doctor.

Dengan adanya hal itu, diharapkan masyarakat bisa menerapkan pemeriksaan diabetes dan sistem manajemen diabetes secara teratur, demi menjaga kondisi kesehatan mereka terutama di situasi pandemi COVID-19 yang cukup menantang.

1 dari 5 halaman

Angka kematian 3 kali lipat

Ilustrasi© Shutterstock

Secara global terdapat sekitar delapan persen kasus COVID-19 yang dibarengi dengan diabetes 1, dengan angka kematian tiga kali lipat dibandingkan pasien pada umumnya.

Sementara itu, data dari Kementerian Kesehatan RI menunjukkan bahwa diabetes adalah komorbid tertinggi kedua setelah hipertensi dalam kasus COVID-19 di Indonesia, yang dapat berujung pada kematian untuk beberapa kasus yang sudah fatal.

Prof. DR dr. Ketut Suastika, Sp.PD (KEMD), Ketua Umum PERKENI mengatakan, “ PERKENI mengapresiasi kerja sama dan bantuan yang dibangun bersama dengan Good Doctor dalam melawan penyakit diabetes di Indonesia terutama selama masa pandemi."

" Kami mengajak masyarakat untuk dapat mengoptimalkan platform konsultasi telemedis untuk mendapatkan petunjuk atau rekomendasi seputar diabetes dari Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Spesialis Endokrinologi yang kredibel," jelasnya.

 

2 dari 5 halaman

Siaga gula darah

PERKENI sendiri telah menyiapkan pedoman Penanganan Diabetes Mellitus di era Pandemi COVID-19 bagi pasien diabetes dan juga untuk tenaga medis, agar dapat memberikan layanan terbaik kepada pasien.

Pedoman ini juga akan diterapkan tim dokter PERKENI yang menjadi mitra dokter spesialis di Good Doctor demi memberikan pelayanan medis sesuai standar.

Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia mengatakan “ Kami berterima kasih kepada PERKENI, di momen peringatan Hari Diabetes Sedunia kali ini, kami bangga dapat bermitra dengan PERKENI dalam melaksanakan program kolaborasi 'Pantang Menyerah, Siaga Gula Darah' untuk memudahkan pasien diabetes dalam menjangkau layanan kesehatan secara mudah dan cepat dengan memanfaatkan layanan telemedis Good Doctor."

" Program ini kami harapkan dapat mendukung masyarakat untuk bisa menerapkan pemeriksaan diabetes dan sistem manajemen diabetes secara teratur demi menjaga kondisi kesehatan mereka selama masa pandemi. Kami mengajak masyarakat untuk memanfaatkan program ini semaksimal mungkin pada platform Good Doctor di GrabHealth,” tambah Danu.

3 dari 5 halaman

Akses via smartphone

ilustrasi© Shutterstock

Dalam program kolaborasi Good Doctor dan PERKENI 'Pantang Menyerah, Siaga Gula Darah', Good Doctor akan menyediakan layanan telekonsultasi seputar diabetes dengan mitra dokter PERKENI. 

Layanan ini bisa digunakan para pasien diabetes untuk berkonsultasi dan melakukan pengecekan kesehatan mereka, cukup melalui ponsel pintar.

Bukan hanya itu, pasien juga bisa membeli obat, baik obat dengan resep atau yang dijual bebas tanpa harus pergi ke apotek, di dalam layanan HealthMall.

Untuk memperkuat kerja sama ini Good Doctor melaksanakan edukasi medis secara berkelanjutan (sustainable) kepada mitra dokter demi membekali mereka dengan pengetahuan yang kredibel, valid, dan terkini tentang penanganan diabetes.

 

4 dari 5 halaman

Solusi buat para diabetasi

Selain itu, program edukasi diabetes ini juga disiapkan untuk masyarakat dan akan dikemas dalam bentuk konten media sosial dan artikel kesehatan yang menarik dan mudah dicerna.

Dr. Adhiatma Gunawan, Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia menjelaskan, “ Good Doctor, sebagai platform online kesehatan terpadu memastikan semua orang bisa mendapatkan konsultasi kesehatan, serta informasi yang akurat langsung dari mitra dokter tepercaya."

" Untuk itu, mitra dokter Good Doctor telah mendapatkan edukasi khusus diabetes dari Spesialis Endokrinologi dan akan terus menerima edukasi berkala dari para Spesialis Endokrinologi PERKENI. Untuk itu kami mengajak masyarakat terutama mereka yang membutuhkan konsultasi terkait diabetes untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami, Spesialis Penyakit Dalam dan Spesialis Endokrinologi," jelas Dr. Adhiatma Gunawan.

Good Doctor berharap layanan ini dapat menjadi tambahan solusi bagi para pasien diabetes terutama di masa pandemi ini.

 

5 dari 5 halaman

Mitra resmi BNPB

Konsultasi dengan Dokter Spesialis Endokrinologi dalam program “ Pantang Menyerah, Siaga Gula Darah” ataupun dengan mitra Dokter Spesialis Penyakit Dalam (Internist) sudah bisa diakses masyarakat Indonesia dalam menu ‘Telusuri Dokter Kami’ di dalam aplikasi Grab layanan Kesehatan atau GrabHealth.

Good Doctor dan PERKENI juga mengajak masyarakat Indonesia dan pasien diabetes khususnya untuk mencegah COVID-19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dan secara disiplin menerapkan manajemen diabetes, serta menggunakan layanan telemedis untuk mendapatkan saran medis dari para mitra dokter yang tepercaya.

Good Doctor siap untuk menjawab kebutuhan kesehatan masyarakat. 
Diketahui juga, Good Doctor adalah mitra resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam usaha percepatan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia semenjak Maret 2020 lalu.

Laporan: Savina Mariska

Beri Komentar