Prodia Gandeng Good Doctor Permudah Akses Layanan Kesehatan Masyarakat

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 27 November 2020 13:12
Prodia Gandeng Good Doctor Permudah Akses Layanan Kesehatan Masyarakat
Kini masyarakat bisa lebih mudah membuat janji pemeriksaan kesehatan di laboratorium Prodia.

Dream - PT Prodia Widyahusada Tbk bekerja sama dengan Good Doctor Technology Indonesia menyediakan pemeriksaan kesehatan yang dapat dipesan melalui layanan telemedis Good Doctor. Lewat kerja sama ini diharapkan layanan kesehatan, khususnya pemeriksaan laboratorium Prodia, bisa lebih menjangkau masyarakat karena bisa diakses melalui aplikasi Good Doctor di platform GrabHealth.

”Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Prodia selaku pemimpin pasar di sektor laboratorium klinis di Indonesia, yang memiliki jaringan layanan luas di 127 kota, 34 provinsi," ujar Managing Director Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana dalam virtual media gathering virtual Good Doctor dan Prodia di Jakarta, Kamis, 26 November 2020

Danu menjelaskan kerja sama strategis sebetulnya sudah dimulai sejak September 2020 lalu. Selama ini kedua pihak menjalin kerja sama strategi karena layanan Good Doctor telah diakses jutaan pengguna di Indonesia sementara Prodia hadir hampir di seluruh pelosok Indonesia.

Good Doctor & PRODIA© Good Doctor & PRODIA

Ke depannya, Danu berharap akan mengembangkan kerja sama dengan para pihak dalam ekosistem kesehatan Indonesia seperti rumah sakit, klinik, asuransi kesehatan, apotek, maupun laboratorium kesehatan. 

Sementara Direktur Bisnis dan Marketing Prodia Indriyanti Rafi Sukmawati mengatakan, kolaborasi ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk mengedepankan penggunaan teknologi dalam menciptakan transformasi digital pada bidang layanan kesehatan.

" Kerja sama ini menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat terhadap layanan pemeriksaan kesehatan yang berkualitas, terutama pada masa pandemi COVID-19."

Leat kerja sama ini, masyarakat bisa menikmati sembilan paket pemeriksaan laboratorium seperti pemeriksaan darah lengkap, fungsi liver, fungsi ginjal, fungsi gula, fungsi kolesterol, demam tifoid, demam dengue 1, demam dengue 2 dan vitamin D.

1 dari 2 halaman

Dokter Ingatkan Periksa Kolesterol

Sementara itu, Dr. dr. Samuel Oetoro, MS., SpGK, Spesialis Gizi Klinik Konsultan Obesitas & Metabolisme mengingatkan masyarakat agar selalu rutin memeriksakan kesehatan tubuhnya. Hampir 10 bulan beraktivitas dari rumah, masyarakat harus mewaspadai meningkatnya kadar kolesterol akibat kurang beraktivitas fisik dan tidak memerhatikan pola makan.

“ Pemeriksaan berkala komponen lemak darah atau profil lipid penting dilakukan berkala untuk mendeteksi peningkatan kadar kolesterol yang bisa saja tidak disertai gejala," ujar dr. Samuel Oetoro.

Pemeriksaan berkala ini penting karena peningkatan kolesterol erat hubungannya dengan risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti serangan jantung koroner dan stroke.

2 dari 2 halaman

Untuk bisa mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan Good Doctor, masyarakat bisa mengakses aplikasi dengan memilih menu “ Buat Janji Medis” (Make Medical Appointment) di halaman utama Good Doctor. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman “ Pilih Lokasi” (Choose a Venue).

Di halaman ini, pengguna dapat mengeklik menu “ Laboratorium Klinik Prodia” dilanjutkan memilih jenis pemeriksaan yang ingin dilakukan, tanggal pemeriksaan, serta waktu pemeriksaan.

Pengguna akan diminta untuk mengisi data diri yang sesuai untuk proses konfirmasi yang memakan waktu maksimal 90 menit. Jika jadwal yang diajukan tersedia, pengguna akan mendapatkan email konfirmasi dari Good Doctor dan Prodia.

Selain melalui menu di atas, pengguna juga bisa melakukan pembelian langsung layanan pemeriksaan Prodia pada menu HealthMall, yakni dengan mengeklik fitur Beli Obat & Produk Kesehatan (Buy Health & Beauty Products) di halaman utama Good Doctor.

Sebelum melakukan pembelian, pengguna akan diarahkan berkonsultasi terlebih dahulu dengan mitra dokter Good Doctor yang dapat memberikan rekomendasi berupa pemeriksaan kesehatan dari Prodia. Jika pengguna setuju. pengguna dapat mengeklik “ Check Out” untuk mengisi data pengiriman dan memilih metode pembayaran. Pembelian layanan Prodia ini akan dilakukan dalam bentuk voucher.

Good Doctor & PRODIA© Good Doctor & PRODIA

Setelah semua proses selesai pengguna dapat mengakhiri sesi dengan mengeklik “ Konfirmasikan dan Bayar” kemudian Good Doctor akan mengirimkan surat undangan kepada pengguna dengan menyertakan kode voucher Prodia.

Laporan: Savina Mariska

Beri Komentar