4 Manfaat yang Bisa Didapatkan Saat Mengonsumsi Tahu

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 7 September 2021 07:31
4 Manfaat yang Bisa Didapatkan Saat Mengonsumsi Tahu
Tidak hanya lezat, tahu juga bisa menjaga kesehatan tubuh.

Dream - Tahu merupakan sumber protein nabati yang lezat, mudah ditemukan, maupun diolah. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara direbus atau dibuat seperti salad.

Bahkan, kamu pun bisa memilih beragam olahan tahu yang lezat dan sehat. Ternyata, tahu tidak hanya bisa menjadi sumber protein nabati.

Kamu pun bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan ketika mengonsumsi tahu seperti yang dilansir dari Eat This berikut ini.

1 dari 2 halaman

Menurunkan tekanan darah

Memiliki Tekanan Darah Tinggi© Shutterstock

Bahan dasar pembuatan tahu, kacang kedelai mengandung zat kimia, yaitu isoflavon yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah menurunkan tekanan dan memperlancar peredaran darah.

Menurunkan risiko kanker payudara

Isoflavon pada tahu juga terbukti bisa memberikan efek positif pada kanker payudara. Penelitian pada 2017 membuktikan bahwa sebanyak 6.235 perempuan yang mengidap kanker payudara dan menjalani diet tinggi isoflavon mengalami penurunan risiko kematian sebanyak 21 persen.

2 dari 2 halaman

Meningkatkan kadar protein

Tahu merupakan sumber protein sehat dengan kadar lemak dan karbohidrat yang rendah. Sebanyak 3 ons tahu rata-rata mengandung 9 gram protein, 4 gram lemak, 3 gram gula, dan 15 miligram sodium. Sehingga, kamu bisa menjadikannya pilihan yang sehat ketika tidak ingin mengonsumsi daging.

Meningkatkan kadar zat besi

Zat besi tidak hanya bisa didapatkan pada daging merah. Mengonsumsi tahu juga bisa meningkatkan kadar zat besi dalam darah.

Terdapat 3,28 miligram zat besi pada 3 ons daging merah. Sedangkan setengah cangkir tahu mengandung 3,35 miligram zat besi.

Jadi, kamu bisa mengonsumsinya ketika kurang darah (anemia), lemah otot, merasa lelah, atau mengalami infeksi.

Beri Komentar