5 Cara Menghilangkan Kutil secara Alami, Aman dan Ampuh

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Selasa, 23 Juli 2019 10:12
5 Cara Menghilangkan Kutil secara Alami, Aman dan Ampuh
Keberadaan kutil memang sangat mengganggu. Bagaimana cara menghilangkannya?

Dream - Kutil merupakan gangguan kulit yang bisa langsung menurunkan tingkat kepercayaan diri kamu. Kutil biasanya muncul dalam bentuk  kulit tumbuh akibat HPV atau human papillomavirus.

Munculnya kutil bisa di wajah, tangan, kaki, bahkan di area alat kelamin. Namun, kabar baiknya kutil tidak berbahaya.

Hanya saja keberadaan kutil ini akan sangat mengganggu dan membuah risih. Apalagi kalau kutil tumbuh di bagian tubuh yang vital.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutil, salah satunya dengan operasi kecil, atau pengangkatan kutil dan akarnya supaya tidak tumbuh kembali. Selain operasi, masih ada cara menghilangkan kutil yang lebih nyaman.

Seperti yang dilansir dari Health Line, perawatan alami menghilangkan kutil telah banyak dilakukan dan terbukti efektif di masal lalu. Selain itu, cara menghilangkan kutil secara alami juga tidak mahal dan tidak terlalu berbahaya.

Berikut 5 cara alami untuk menghilangkan kutil:

1 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kutil dengan Minyak Alami

 Cara menghilangkan kutil

Minyak alami memang memiliki banyak manfaat, bagi bagi kesehatan maupun kecantikan. Salah satu manfaat minyak alami adalah mampu menghilangkan kutil. Namun tidak semua minyak alami bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutil.

Neem oil, minyak daun teh atau tea tree oil, cinnamon bark oil, oregano oil, frankincense oil, clove oil, dan cypress oil, adalah sederet nama minyak alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan kutil.

Namun, perlu diketahui bahwa semua minyak alami bisa menimbulkan risiko alergi. Oleh sebab itu, sebelum menggunakan minyak alami untuk menghilangkan kutil, cobalah setetes terlebih dahulu di bawah pengan atau pergelangan.

Apabila melalui percobaan tersebut, muncul reaksi alergi seperti iritasi kulit, gatal-gatal, pusing dan sesak napas, segera hentikan pemakaian dan hubungi dokter.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kutil dengan Cuka Apel

 Cara menghilangkan kutil

Cuka apel memiliki banyak manfaat dan menjadi bahan alami yang cukup populer di kalangan warganet. Cuka apel memiliki sifat asam yang kuat dan dapat menyebabkan rasa sakit saat dioleskan di kulit.

Jangan langsung mengoleskan cuka apel tanpa melarutkannya dengan air terlebih dahulu, karena akan sangat berbahaya dan menimbulkan rasa perih pada kulit.

Cara menghilangkan kutil dengan cuka apel bisa dilakukan dengan aman. Mulailah dengan merendam bola kapas dalam cuka apel yang sudah dilarutkan dan menempelkannya pada kulit yang ditumbuhi kutil.

Tempelkan setiap malam secara rutin, dan gunakan perban untuk menjaga posisi kapas tetap pada tempatnya.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kutil dengan Tanaman Herbal

 Cara menghilangkan kutil

Dilansir dari laman Health Line, beberapa ahli herbal telah merekomendasikan tanaman herbal sebagai obat perawatan kutil. Tidak semua tanaman herbal bisa dijadikan obat perawatan untuk kutil. Berikut beberapa tanaman herbal yang dipercaya ampuh untuk menghilangkan kutil:

-    Echinasea, atau bunga kerucut ungu. Tanaman ini biasa digunakan untuk membuat suplemen yang bisa langsung dikonsumsi. Sumplemen dari tanaman ini bisa membantu mengurangi pertumbuhan kutil.
-    E. Walachii, tanaman ini bisa dikonsumsi dengan cara dijus. E. Walacii mampu mengobati kutil dan berbagai infeksi kulit lainnya.
-    Ficus Carica, merupakan lateks dari pohon ara yang dipercaya dapat digunakan untuk menghilangkan kutil.
-    Salep Bawang Putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutil yang tumbuh di kulit.


Namun, sebelum mengonsumsi suplemen atau olahan tanaman herbal lainnya, Sahabat Dream harus tetap melakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kutil dengan Cairan Asam

 Cara menghilangkan kutil

Selain dengan menggunakan tanaman herbal, ada cara menghilangkan kutil lainnya yang tak kalah ampuh, yakni dengan menggunakan asam salisilat. Cairan asam ini banyak dijual di toko obat sebagai obat penghilang kutil yang cukup populer.

Asam salisilat mengandung asam beta hikroksi yang mampu membantu pengelupasan kulit di atas kutil. Produk ini biasanya dijual dalam bentuk gel, atau lotion yang bisa langsung dioleskan pada kulit yang ditumbuhi kutil.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, asam salisilat harus dioleskan setiap hari. Sebelum mengoleskan obat penghilang kutil ini, rendam terlebih dahulu kulit yang ditumbuhi kutil dalam air atau mandi terlebih dahulu.

5 dari 5 halaman

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kutil yang sudah terlanjur tumbuh bisa dihilangkan dengan empat bahan alami di atas. Perlu diingat, kutil disebabkan oleh virus, yang mana virus ini bisa muncul karena sistem kekebalan tubuh kita sedang menurun.

 Cara menghilangkan kutil


Cara menghilangkan kutil dan mencegahnya bisa dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kekebalan tubuh, seperti:
-    Mengonsumsi makanan sehat, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.
-    Berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan jantung, mengikuti kelas aerobik atau bersepeda.
-    Istirahat yang cukup di malam hari juga dapat mengingkatkan kekebalan tubuh dan baik untuk pemulihan kesehatan.

Merawat dan menjaga kesehatan tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, tapi juga mampu mengurangi kemunculan kutil di tubuh.

Perlu diingat pula, pemakaian obat alami tetap harus dengan saran dokter, dan juga Sahabat Dream harus mempertimbangkan tempat-tempat di mana kutil ini tumbuh. Walau alami, kita juga harus tetap berhati-hati.


Sumber: Health Line

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara