5 Cara Mengobati Asam Urat, Wajib Diketahui

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jumat, 5 Juli 2019 09:48
5 Cara Mengobati Asam Urat, Wajib Diketahui
Asam urat yang berlebihan bisa menyebabkan rasa nyeri pada sendi. 5 cara ini ampuh mengobati asam urat, lho. Apa saja?

Dream - Asam urat merupakan sampah alami yang dihasilkan oleh tubuh akibat mengonsumsi makanan yang mengandung purin. Banyak makanan yang mengandung purin dan dapat menyebabkan asam urat.

Purin terbentuk dan terpecah di dalam tubuh. Biasanya purin akan disaring oleh ginjal dan urin dan menghasilkan asam urat. Kalau konsumsi makanan yang mengandung purin berlebihan, akan membuat asam urat ini menumpuk dalam darah.

Dari itulah, rasa sakit dan nyeri di daerah sendi timbul. Tingkat asam urat yang tinggi dinamakan hiperurisemia, yang menyebabkan persedian sakit. Menumpuknya asam urat di daerah persendian bisa karena beberapa alasan seperti genetik, diet, dan obesitas.

Dilansir oleh  ada beberapa cara mengobati asam urat secara alami. Seperti:

1 dari 5 halaman

Mengurangi Makanan yang Mengandung Banyak Purin

Seperti penjelasan di atas, mengonsumsi makanan yang mengandung purin dapat menyebabkan penumpukan asam urat di darah. Penumpukan ini bisa mengakibat berbagai masalah serius selain rasa nyeri di persendian.

Untuk mengobati asam urat ini, Sahabat Dream bisa menghindari makanan yang mengandung purin. Walau tak harus sepenuhnya menghindari, setidaknya kurangi porsi makan makanan ini.
Apa saja makanan yang mengandung purin?

Mengobati Asam Urat© Shutterstock


Ada banyak makanan yang mengandung purin, termasuk daging, makanan laut, dan sayuran. Porsi yang berlebihan bisa mengakibatkan penumpukan asam urat. Berikut beberapa makanan yang mengandung purin yang tinggi:

  • Jeroan
  • Daging babi
  • Kalkun
  • Ikan dan kerang
  • Daging domba
  • Bunga kol
  • Kacang hijau
  • Jamur
2 dari 5 halaman

Hindari Makanan yang Mengandung Gula

Selain mengurangi makanan yang mengandung banyak purin, cara mengobati asam urat lainnya adalah dengan menghindari makanan dan minuman yang mengandung banyak gula. Ada dua jenis konsumsi gula yang harus dihindari, yaitu:

Makanan Manis yang Kaya Akan Gula

Asam urat erat kaitannya dengan makanan yang mengandung protein tinggi. Namun harus diketahui pula bahwa makanan yang mengandung banyak gula juga berpotensi menumpuk asam urat di darah.

Gula tambahan yang dimasukkan dalam makanan seperti gula fruktosa, ternyata bisa menyebabkan kadar asam urat meninggi.

Mengobati Asam Urat© Shutterstock

Minuman Manis

Selain makanan yang manis dengan gula tambahan, minuman manis juga harus dihindati jika Sahabat Dream hendak menurunkan kadar asam urat.

Minuman manis seperti soda, dan jus buah yang ditambahi gula berpotensi menambah kadar asam urat dalam darah.

Akan lebih baik, kalau kita mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis untuk menjaga keseimbangan kadar asam urat.

3 dari 5 halaman

Hindari Konsumsi Alkohol, Perbanyak Minum Air Putih

Mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol bisa membuat tubuh dehidrasi, dan juga bisa menambah kadar asam urat dalam tubuh. Hal ini terjadi karena ginjal harus bekerja ekstra untuk menyaring alkohol terlebih dahulu, sehingga akan lebih banyak menghasilkan sampah asam urat.

Daripada mengonsumsi minuman beralkohol, cara mengobati asam urat adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Karena, air putih mampu membantu ginjal untuk menyaring asam urat lebih cepat.

Mengobati Asam Urat© Shutterstock

Jadi minum air putih setiap hari bisa membuat kadar asam urat berkurang. Bahkan kalau bisa, buat alarm khusus untuk mengingatkan minum air.

4 dari 5 halaman

Menurunkan Berat Badan

Seiring dengan melakukan diet, kadang bisa meningkatkan kadar asam urat lho. Hal ini terjadi karena pemilihan menu diet yang kurang tepat, sehingga membuat penumpukan purin di dalam darah.

Mengobati Asam Urat© Shutterstock

Walau begitu, menurunkan berat badan jadi cara mengobati asam urat yang ampuh. Kelebihan berat badan dapat mempersulit ginjal dalam menyaring asam urat, dan juga lemak berlebih dalam tubuh, bisa mengakibatkan penumpukan asam urat.

Menyeimbangkan insulin, bisa jadi salah satu cara mengobati asam urat dengan menurunkan berat badan. Menjaga kadar insulin dalam tubuh ini juga dipengaruhi oleh konsumsi makanan dan gula.

Apabila kelebihan berat badan harus dilakukan dengan diet makanan, usahakan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan menu diet yang pas, supaya tidak akan menimbun asam urat dalam tubuh.

5 dari 5 halaman

Memperbanyak Makanan Berserat

Cara mengobati asam urat yang ampuh adalah dengan mengonsumsi makanan berserat. Selain bisa dijadikan menu andalan diet untuk menurunkan berat badan, serat juga mampu menyeimbangkan kadar gula dan tingkat insulin dalam tubuh.

Mengobati Asam Urat© Shutterstock

Selain itu, makanan berserat juga mampu meningkatkan rasa kenyang, dan jadi paket lengkap untuk diet. Apa saja makanan berserat yang bisa dikonsumsi?

  • Buah segar
  • Buah kering
  • Sayur segar
  • Gandum
  • Kacang-kacangan
  • Jelai

Memilah dan memilih makanan yang dikonsumsi sehari jadi cara mengobati asam urat yang paling ampuh. Semoga bermanfaat ya, Sahabat Dream!

Beri Komentar