5 Manfaat Air Kelapa Muda bagi Kesehatan Tubuh

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Senin, 12 Agustus 2019 14:12
5 Manfaat Air Kelapa Muda bagi Kesehatan Tubuh
Salah satu minuman penyegar ini ternyata memiliki segudang manfaat loh. Yuk simak informasinya berikut ini,

Dream – Manafaat air kelapa muda sangat banyak. Air kelapa muda diyakini jauh lebih bagus daripada air minuman penambah energi dengan bahan kimia dan soda.

Air kelapa juga sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Sebab sebagai negara tropis, berbagai wilayah di Indonesia tentu terdapat pohon kelapa. Air kelapa juga sudah dijajakan di pinggir-pinggir jalan.

 

Selain menyegarkan, ar kelapa diburu banyak orang karena memiliki manfaat bagi kesehatan. Kandungan air kelapa telah terbukti baik bagi kesehatan tubuh.

Penasaran apa saja manfaat air kelapa? Yuk simak informasi lengkapnya sebagai berikut:

1 dari 5 halaman

Manfaat Air Kelapa Muda: Menjaga Kolesterol, Gula Darah, Tekanan Darah

 5 Manfaat Air kelapa muda Muda bagi Kesehatan Tubuh

Sebuah penelitian mengatakan bahwa air kelapa memang mengandung kalium yang tinggi dan natrium yang rendah. Sehingga manfaat air kelapa mampu membuat sirkulasi darah menjadi meningkat, penurunan tekanan darah tinggi serta mengurangi risiko terkena serangan jantung dan strok.

Air kelapa muda juga mampu membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL), mengontrol penyerapan kadar gula, meningkatkan sensitivitas pada insulin, serta mengurangi terjadinya pembentukan plak pada gigi seseorang.

2 dari 5 halaman

Manfaat Air Kelapa Muda: Menjaga Sistem Pencernaan

 5 Manfaat Air kelapa muda Muda bagi Kesehatan Tubuh

Air kelapa muda telah dipercaya sejak dari dulu bisa mengobati atau mengatasi segala penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Pada umumnya, air kelapa muda dikonsumsi untuk mengatasi diare, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, serta gangguan pencernaan lainnya.

Salah satu obat termudah untuk bisa mengembalikan cairan tubuh ketika terkena diare adalah air kelapa muda. Osmolaritas air kelapa ternyata lebih besar daripada dengan ORS (Oral Rehydration Therapy). Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan telah merekomendasikan mengonsumsi air kelapa muda untuk mengobati diare.

Mengapa demikian? Air kelapa memiliki kandungan asam amino, asam lemak, mineral, serta enzim yang sangat tinggi. Tidak hanya itu saja, air kelapa muda juga mengandung natrium dan klorida yang rendah, dan berbagai enzim yang mampu untuk membantu sistem pencernaan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Air Kelapa Muda: Menjadi Anti-Aging

 5 Manfaat Air kelapa muda Muda bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat air kelapa muda selanjutnya pasti akan membuat para wanita langsung memburu air kelapa. Air kelapa muda ternyata bisa memperlambat gejala penuaan dini karena air kelapa mampu membuat kulit wajah menjadi lebih halus serta terlihat lebih muda. Air kelapa muda memiliki kandungan sitokinin yang sangat tinggi.

Kandungan sitokinin merupakan salah satu hormon pertumbuhan yang memiliki sifat sebagai anti-aging, antikarsiogenik, serta antitrombotik. Dengan adanya sifat tersebut, membuat air kelapa mampu mengatur perkembangan, pertumbuhan, serta penuaan pada sel di kuit terutama wajah. sitokinin mampu menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh sehingga mampu untuk menghidrasi dan memperkuat jaringan ikat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Air Kelapa Muda: Lebih Baik dari Minuman Olahraga

 5 Manfaat Air kelapa muda Muda bagi Kesehatan Tubuh

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, air kelapa muda lebih baik untuk dikonsumsi daripada minuman berenergi. Mengapa demikian? Air kelapa muda merupakan minuman isotonik yang diproses secara alami, tidak menggunakan bahan dan alat tertentu. Meskipun demikian, untuk bisa mengembalikan cairan tubuh yang telah hilang selama berolah raga, kalian harus mengonsumsinya dengan jumlah yang banyak.

Menurut ahli gizi olah raga, Nancy Clark, dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang telah hilang, air kelapa tidak akan mencukupinya kecuali diminum secara banyak. Tidak hanya itu saja, dalam beberapa kasus, minuman berenergi justru menimbulkan rasa mual, sakit perut, hingga kenyang. Berbeda dengan air kelapa muda yang tidak menimbulkan gejala tersebut.

5 dari 5 halaman

Manfaat Air Kelapa Muda: untuk Ibu Hamil

 5 Manfaat Air kelapa muda Muda bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat air kelapa muda juga bisa dirasakan oleh ibu hamil. Minum air kelapa muda bisa melindungi kesehatan janin yang terdapat di dalam kandungan. Tidak hanya itu saja, air kelapa muda juga mampu membuat kulit bayi menjadi halus dan putih bersih.

Selain bagus untuk janin yang dikandungnya, ternyata air kelapa muda juga mampu membuat sang ibu terbebas dari segala macam penyakit. Pasalnya, air kelapa muda juga mengandung zat antibakteri yang berguna bagi kesehatan ibu hamil.

Meskipun demikian, mengonsumsi air kelapa muda tidak dianjurkan pada masa kehamilan trimester pertama. Sebaiknya juga, konsultasikan juga terlebih dahulu kepada dokter kandungan atau bidan yang mengerti perkembangan janin kalian.

Sumber: hellosehat dan doktersehat

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary