Mengenal `Oxygen Medical Regulator` yang Ditonton Eril Dardak

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Sabtu, 15 Desember 2018 12:02
Mengenal `Oxygen Medical Regulator` yang Ditonton Eril Dardak
Polisi menemukan tabung gas bertuliskan He di kamar kos Eril Dardak, adik Bupati Trenggalek Emil Dardak.

Dream - Penyebab kematian adik Bupati Trenggalek Emil Dardak, Eril Arioristanto Dardak masih belum terungkap. Keluarga menyebut Eril terkena serangan jantung.

Dari lokasi kejadian, polisi menemukan sejumlah barang-barang tak biasa. Seperti disampaikan Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema.

" Ada tabung gas bertuliskan He, helium atau bukan belum dipastikan, dan tabung freon," kata Irman, kepada Liputan6.com, Kamis, 13 Desember 2018.

Selain itu, layar televisi juga ditemukan masih menyala. Di layar terlihat tayangan penggunaan oxygen medical regulator yang sudah selesai adik Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih itu. 

Apa sebenarnya oxygen medical regulator?

Dikutip dari laman medicalogy.com, oksigen regulator berfungsi untuk mengatur tekanan dan kecepatan aliran oksigen yang keluar dari tabung. Tujuannya, untuk menyesuaikan kebutuhan oksigen bagi penggunanya.

Pengguna oksigen regulator ini diperuntukkan bagi penderita masalah pernapasan. Kebanyakan pasien gangguan pernapasan membutuhkan terapi oksigen.

Asupan regulasi oksigen pada tubuh harus dilakukan terus-menerus dalam jangka waktu yang lama pada pasien dengan kondisi kronis seperti, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), gagal jantung stadium akhir, gangguan sistem pernapasan lain seperti pasien tidak bisa mengambil oksigen yang cukup bagi tubuhnya.

(ism, Sumber: Medicalogy.com)

 

 

1 dari 3 halaman

Tak Ada Tanda Penganiayaan

Dream - Penyebab kematian Eril Arioristanto Dardak masih terus diurai polisi. Polisi juga menemukan, kondisi televisi di kamar Eril yang masih menyala.

kata Kapolrestabes Bandung, Kombes Irman Sugema menyebut, sejauh ini polisi tak menemukan tanda penganiayaan di tubuh Eril.

Sebelumnya Kasatreskrim Polrestabes Bandung, AKBP Mochammad Rifai, salah satu benda yang ditemukan di dekat jasad Eril adalah alat pompa untuk membuat kue.

" Alat itu, tapi buat apa tergeletak di situ, terus handuk ada di bawah dia, ini yang sedang didalami," ujar Rifai, dikutip dari PojokSatu.

Selain pompa itu, benda yang menyita perhatian yaitu kantong plastik. Benda ini menutupi wajah Eril ketika jenazah ditemukan. " Petugas menemukan Eril dalam keadaan tergeletak tak bernafas dengan wajah tertutup plastik," ucap dia.

Sumber: Liputan6.com/Andry Haryanto

2 dari 3 halaman

Isi WhatsApp Terakhir Emil Dardak untuk Adiknya

Dream - Emil Dardak masih berduka dengan kepergian sang adik, Eril Arioristianto pada Rabu 12 Desember 2018. Suami Arumi Bachsin ini mengaku tak sempat mewujudkan keinginan terakhir dari adiknya yang tengah berkuliah di ITB itu.

Eril, kata Emil, pernah menyampaikan keinginannya untuk berlibur bersama keluarga besar di Trenggalek, Jawa Timur. Untuk diketahui, saat ini masih Emil menjabat sebagai Bupati di daerah itu.

" Rencana terakhir ada, kami mau ketemu di Trenggalek untuk waktu yang cukup lama," kata Emil saat di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis 13 Desember 2018.

 adik emil dardakadik emil dardak © adik emil dardak

Menurut Emil, Eril berjanji akan mengunjungi kediamannya usai menjalani ujian akhir semester.

" Saya whatsapp dia kapan selesai ujiannya, ga dijawab," katanya.

Arumi Bachsin yang turut mendampingi Emil menambahkan jika Eril ingin merayakan tahun baru bersama keluarga.

" Sampai tahun baru sih," kata Arumi menambahkan.(Sah)

3 dari 3 halaman

Curhat Emil Dardak Tak Sampai Hati Lihat Jasad Adik Diautopsi

Dream - Emil Dardak, bupati Trenggalek Jawa Timur membenarkan keinginan pihak keluarga yang menolak permintaan autopsi terhadap jasad adiknya, Eril Arioristianto Dardak. Salah satu alasan yang muncul adalah pihak keluarga telah ikhlas dengan kepergian Eril.  

Pria yang bernama lengkap Emil Elestianto  Dardak ini menambahkan jika keluarga tidak tega jika harus melihat jasad Eril harus melalui proses pembedahan untuk mengetahui secara pasti penyebab meninggalnya sang adik.

" Ya anda bayangin otopsi dibuka dibelek gitu, kami nggak mau," kata Emil Dardak usai pemakaman Eril di TPU Tanah Kusir, Jakarta, Kamis, 13 Desember 2018.

  pemakaman Eril DardakFaisal Abdulrahman Al-Ghamdi © Khidr Al-Zahrani

Foto : Nur Ulfa/Dream

Suami dari artis Arumi Bachsin ini menambahkan jika keluarga besarnya sudah ikhlas atas kepergian Eril Dardak untuk selama-lamanya. Sikap itulah yang membuat keluarga menganggap proses Autopsi jasad Eril Dardak tak diperlukan.

" Kami sudah ikhlas kok memang Allah sudah memanggill," jelasnya.

Emil dna seluruh keluarga besarnya percaya dengan hasil pemeriksaan dokteryang menyatakan sang adik meninggal akibat serangan jantung. Dari pengamatannya saat memandikan jasad Eril, Emil juga menemukan tanda biru di bagian dada sampai kepala Eril.

Hal tersebut membuatnya dan keluarga besarnya meyakini jika Eril meninggal akibat serangan jantung.

" Saya pun memandikan sendiri dan melihat sendiri, pihak ustaz juga mengatakan itu jantung yang biru hanya bagian dada keatas, oleh karena itu kami sudah mengikhlaskan," tuturnya.

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak