Konsumsi Kacang Bisa Terhindar dari Kanker?

Reporter : Gladys Velonia
Minggu, 5 November 2017 06:00
Konsumsi Kacang Bisa Terhindar dari Kanker?
Banyaknya kacang yang harus dikonsumsi setiap orang, berbeda-beda.

Dream - Hasil studi yang dipublikasikan American Society of Clinical Oncology membuat geger publik. Pasalnya, 826 pasien yang terkena kanker stadium 3, menunjukkan angka harapan hidup yang melonjak lebih tinggi usai rutin mengonsumsi 50 gram kacang setiap minggu.

Menurut penelaahan ahli diet Parkway Cancer Centre, Fahma Sunarja, efek tersebut bisa terjadi karena kandungan lemak pada kacang merupakan golongan lemak yang sehat.

" Kacang dari pohon, memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, sangat bermanfaat bagi kesehatan," kata Fahma, sebagaimana dikutip Dream dari HealthNews, Jum'at 3 November 2017.

Tak hanya memiliki jumlah lemak baik yang berlimpah, kacang juga memiliki asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, serta mengandung serat untuk membantu menurunkan kolesterol.

Selain itu juga bisa meredakan nyeri dan kekakuan untuk penderita radang sendi, membuat kenyang lebih lama, dan vitamin E untuk mencegah terbentuknya plak pada pembuluh darah.

" Tapi harus diingat, konsumsi kacang juga tidak boleh berlebihan. Karena kacang juga mengandung kalori yang tinggi, sehingga idealnya dikonsumsi sebagai pengganti susu," imbuh Fahma.

Banyaknya kacang yang harus dikonsumsi setiap orang, berbeda-beda. Tergantung jenis kacang dan kebutuhan gizi harian seseorang.

Fahma menegaskan, sebaiknya mengonsumsi kacang yang tidak dilumuri madu, gula, dan cokelat. Sebab, kandungan dalam kacang akan rusak jika dikonsumsi dengan dicampur ketiga pemanis itu.

" Kalau sukanya mengonsumsi selai kacang, sebaiknya di buat sendiri. Karena produk selai kacang di pasaran telah mengandung gula dan garam dalam jumlah banyak yang menghilangkan manfaat kacang bagi kesehatan," tambahnya.

Yuk, mulai sekarang ganti camilan Sahabat Dream dengan kacang! Selain berguna menurunkan risiko kanker, kacang juga memiliki banyak manfaat lain untuk tubuh.

Beri Komentar