Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering Pada Anak dengan Cepat

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Senin, 18 November 2019 10:48
Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering Pada Anak dengan Cepat
Mengobati Berbagai Macam Jenis Batuk dengan Bahan Alami

Dream - Batuk merupakan penyakit yang sering dialami oleh setiap orang. Ketika kamu salah makan ataupun minum, batuk degan mudah menyerang kekebalan tubuh kamu. Selain itu, penularan penyakit batuk juga sangat cepat. Virus penyebab batuk bisa menyebar melalui udara bebas.

Kamu yang sudah menikah dan memiliki buah hati pasti merasakan sedihnya melihat anak terserang batuk. Mereka akan menjadi rewel dan tidurnya terganggu karena batuk terus-menerus.

Banyak obat batuk tersebar di mana-mana, mulai dari berbagai jenis batuk sampai batuk disertai dengan penyakit lain seperti demam, pilek, dahak bahkan muntah-muntah.

Namun sebelum memutuskan menggunakan obat-obatan kimiawi, kamu bisa melakukan cara mengobati batuk berdahak dan batuk kering pada anak dengan bahan alami. 

1 dari 5 halaman

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi

Batuk yang terjadi pada bayi tentunya sangat mengkhawatirkan. Membayangkan tubuh mungil seperti itu bergetar karena batuk, membuat orangtua panik bagaimana meredakannya. Beberapa cara mengobati batuk berikut bisa dicoba loh untuk bayi.

Meningkatkan cairan tubuh

Cairan tambahan pada tubuh bayi tentu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mempercepat penyembuhan. Kamu bisa memberikan ASI, susu hangat, jus, ataupun air putih untuk bayi.

Meninggikan kepala bayi

Sulit bernapas saat tidur sering kali dialami oleh kebanyakan orang. Termasuk bayi, untuk itu jika bayi sedang mengalami sakit batuk, baiknya tinggikan sedikit kepala bayi menggunakan bantal agar mengurangi kemungkinan tersedak.

Kurangi makanan penyebab batuk

Berikan makanan yang direbus atau dikukus pada bayi. Hindari makanan pemicu batuk seperti gorengan, es dan minuman berperisa.

2 dari 5 halaman

Cara Mengobati Batuk Berdahak

Dahak yang mengganjal di tenggorokan tentunya membuat tenggorokan tidak nyaman saat berbicara bahkan bernafas. Cobalah beberapa cara ini untuk mengobati batuk berdahak.

Air putih hangat

Batuk berdahak merupakan penumpukan lendir yang terjadi pada tenggorokan. Mengkonsumsi air putih hangat mampu mengencerkan dahak yang ada ditenggorokan sehingga dapat dikeluarkan.

Madu

Tak asing lagi jika madu menjadi salah satu cara menyembuhkan batuk berdahak. Madu sendiri memiliki antiradang sehingga dapat menyembuhkan batuk berdahak serta pilek. Cukup minum satu sendok madu sebanyak tiga kali sehari atau bisa campurkan madu dengan air.

Air garam

Kumur air garam dapat melegakan tenggorokan yang penuh dengan dahak. Pastikan saat berkumur kepala menegadah ke atas agar air garam benar-benar sampai ke bagian dalam mulut.

Makanan Probiotik

Makanan probiotik memiliki bakteri baik yang dapat menyembuhkan batuk berdahak, meskipun dampaknya tidak langsung terjadi. Pilihan makanan probiotik yang bisa kamu coba yaitu yogurt, kimchi, tempe dan masih banyak lagi.

3 dari 5 halaman

Cara Mengobati Batuk Kering dengan Cepat

Batuk kering merupakan salah satu batuk yang paling menyakitkan. Ketika batuk menyisakan rasa sakit yang teramat pada tenggorokan dan dada. Namun jangan khawatir, beberapa cara mengobati batuk kering ini bisa kamu lakukan.

Rebusan daun mint

Daun mint memiliki kandungan menthol yang dapat menyegarkan dan meredakan tenggorokan yang teriritasi. Caranya sangat mudah yaitu dengan merebus daun mint segar selama 10 menit kemudian hirup uap panasnya.

Jahe

Rempah yang satu ini tentunya dapat digunakan sebagai cara mengobati batuk kering. Kandungan antiradang pada jahe mampu melemaskan membran di saluran udara sehingga dapat mengurangi intensitas batuk.

Nanas

Nanas mengandung bromelanin yang bersifat antiradang. Bromelanin ini mampu meredakan infeksi dan juga mengurangi intensitas batuk. Kamu bisa langsung mengkonsumsi nanas ataupun minum jus nanas sebagai cara mengobati batuk kering dengan cepat.

Thyme

Antioksidan flavonoid yang terkadung dalam thyme ini dapat mengurangi peradangan serta mengendurkan otot tenggorokan. Kamu bisa menyeduh daun thyme ini dengan air hangat kemudian saring dan minum secara rutin.

4 dari 5 halaman

Batuk disertai darah segar terdengar seram ditelinga beberapa orang. Pasalnya, penyebab batuk berdarah ini bisa karena luka ditenggorokan ataupun ada sesuatu yang terjadi pada paru-paru

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup merupakan cara memulihkan kesehatan tubuh apapun penyakitnya. Sebagai cara mengobati batuk berdarah, kamu perlu istirahat yang cukup bahkan lebih agar kondisi kamu segera pulih. Usahakan tidur lebih lama ya!

Menghangatkan badan

Batuk yang disertai darah biasanya berkaitan dengan infeksi yang terjadi di paru-paru. Untuk itu sebaiknya hangatkan diri kamu ya. Siapkan selimut, kaos kaki dan baju hangat untuk beristirahat.

Jahe

Selain baik untntuk meredakat batuk, kamu bisa menghangatkan diri dari dalam menggunakan jahe. Cukup dengan menggunakan sari jahe satu sendok teh dan campurkan dengan madu murni. Minum sebanyak 2-3 kali sehari.

Minum susu hangat

Susu hangat mampu meredakan iritasi dan juga kekeringan pada tenggorokanmu. Minumlah susu hangat dua kali sehari sebagai cara mengobati batuk berdarah.

5 dari 5 halaman

Cara Mengobati Batuk Secara Alami

Bahan-bahan alami yang mudah ditemui tentunya memiliki khasiatnya masing - masing. Beberapa dari bahan alami tersebut dapat digunakan sebagai obat penyembuh batuk, berikut bahan-bahannya.

Lemon dan jeruk nipis


Kandungan vitamin C yang sangat tinggi serta anti bakteri pada buah lemon dan jeruk nipis mampu menyembuhkan dari penyakit batuk. Cukup dengan mencampurkan air lemon atau jeruk nipis dengan segelas air dan madu, kemudian minum secara rutin.

Daun kemangi


Mengkonsumsi jus kemangi dipercaya sebagai cara untuk mengobati batuk. Caranya yaitu ambil segenggam daun kemangi kemudian jus dan campurkan dengan madu. Selain itu minum air rebusan kemangi juga bisa mengatasi batuk.

Daun seledri


Daun seledri juga memiliki manfat untuk meredakan batuk. Caranya yaitu jus daun seledri dan campurkan dengan madu. Minum jus daun seledri ini selama 3 jam sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ramuan madu, lemon dan biji rami


Selain cara mengobati batuk diatas, kamu juga bisa menggunakan ramuan ini. Rebus satu biji rami, kemudian air rebusannya campur dengan lemon dan satu sendok madu.

Banyak banget cara yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan batuk. Tentunya usaha menyembuhkan batuk ini harus diiringi dengan istirahat yang cukup, selamat mencoba!

 

(Jossi Andriani/dikutip dari berbagai sumber)

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie