Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Bahan Alami dan Terbukti Mujarab

Reporter : Sugiono
Kamis, 17 Januari 2019 12:45
Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Bahan Alami dan Terbukti Mujarab
Banyak sekali cara mengobati gusi bengkak. Termasuk cara mengobati gusi bengkak dengan bahan alami dan terbukti mujarab.

Dream - Selain gigi berlubang, gusi bengkak merupakan salah satu gangguan mulut yang sering dialami sebagian orang.

Pada beberapa kasus yang parah, gusi bengkak bisa berukuran sangat besar hingga menutupi gigi.

Bahkan, karena masalah gusi bengkak ini, pipi jadi kelihatan menonjol sehingga sangat mengganggu dari segi penampilan.

Selain berdenyut, gusi bengkak ini bisa menimbulkan rasa sakit ketika digunakan untuk mengunyah makanan.

Tidak sampai di situ, jika gusi bengkak ini dibiarkan bisa terjadi pendarahan yang mungkin membahayakan kesehatan.

Melihat kenyataan ini, banyak orang yang berusaha mencari cara mengobati gusi bengkak tersebut.

Banyak sekali cara mengobati gusi bengkak ini. Termasuk cara mengobati gusi bengkak dengan bahan alami.

Cara mengobati gusi bengkak dengan bahan alami banyak dilakukan karena biayanya murah dan terbukti mujarab.

Tidak itu saja, cara mengobati gusi bengkak dengan bahan alami bisa dikerjakan secara mudah di rumah.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah cara mengobati gusi bengkak dengan bahan alami yang terbukti mujarab dan bisa dilakukan di rumah.

Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Bahan Alami dan Terbukti Mujarab

Menggunakan bahan-bahan yang sudah tersedia di sekitar, kita bisa mengobati gusi bengkak dengan bahan alami.

Cara mengobati gusi bengkak dengan bahan alami ini terbukti mujarab karena sudah digunakan secara turun temurun.

Berikut 14 cara mengobati gusi bengkak dengan bahan alami dan terbukti mujarab yang bisa dilakukan di rumah.

1. Mengobati gusi bengkak dengan bahan alami lemon

Asam dalam lemon berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang.

Lemon juga dapat menjadi cara alami mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang. Peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

2. Mengobati gusi bengkak dengan bahan alami jeruk nipis

Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut sehingga kesehatan mulut terjaga. Cara mengobati gusi bengkak secara alami dengan jeruk nipis adalah peras 2 buah jeruk nipis, campurkan dengan segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

3. Mengobati gusi bengkak dengan bahan alami garam

Sudah jadi rahasia umum kalau garam biasa digunakan jika ada masalah kesehatan pada gigi. Garam dapat digunakan sebagai cara mengobati gusi bengkak yang mujarab. Sodium yang tinggi dapat membasmi bakteri penyebab plak atau karang gigi.

Garam menjadi antiseptic alami bau kesehatan mulut Anda. Masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut. Gunakan sebagai obat kumur setiap kali Anda selesai sikat gigi agar bakteri dapat dibasmi sampai bersih.

4. Mengobati gusi bengkak dengan bahan alami daun jambu biji

Daun jambu biji ternyata berguna sebagai antibakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut. Selain itu daun jambu efektif mengempeskan gusi yang bengkak karena mengandung antibakteri, antiiflamasi, dan analgesi yang kuat.

Yang perlu Anda lakukan hanya mengunyah jambu biji. Atau merebus daun jambu biji dengan segelas air kemudian gunakan untuk berkumur.

5. Mengobati gusi bengkak dengan bahan alami bawang merah

Bawang merah mengandung antiseptic alami yang efektif membunuh kuman. Cara mengobati gusi bengkak secara alami dengan bawang merah adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dengan sendok teh garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

6. Mengobati gusi bengkak dengan bahan alami belimbing wuluh

Rasa asam dalam belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri yang tentu saja efektif dalam membasmi bakteri dalam mulut Anda.

Cara mengobati gusi bengkak secara alami dengan belimbing wuluh adalah dengan menumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang. Tumbukan belimbing wuluh ini kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.

7. Mengobati gusi bengkak dengan bahan alami bawang putih

Bawang putih sama dengan bawang merah berguna sebagai antiseptic alami. Cara mengobati gusi bengkak secara alami dengan bawang putih adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang putih dengan sendok teh garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

1 dari 1 halaman

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami dengan Merica

8. Mengobati gusi bengkak dengan bahan alami merica

Merica berguna sebagai cara mengobati gusi bengkak karena mengandung antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik properti. Cara mengobati gusi bengkak secara alami dengan merica adalah mencampur merica dan garam, tuang sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada gigi yang sakit

9. Mengobati gusi bengkak dengan bahan alami serai

Serai juga dapat menjadi cara mengobati gusi bengkak. Cara mengobati gusi bengkak secara alami dengan serai adalah dengan merebus 2 tangkai serai bersama segelas air. Lalu biarkan hingga air berkurang setengahnya. Kemudian gunakan untuk berkumur

10. Mengobati gusi bengkak dengan bahan alami jahe

Ada kandungan antibakteri yang berfungsi memberangus bakteri dalam mulut. Cara mengobati gusi bengkak secara alami dengan jahe adalah dengan memarut 1 buah jahe. Kemudian peras airnya. Gunakan air perasan jahe untuk berkumur.

11. Mengobati gusi bengkak dengan bahan alami getah jarak

Getah jarak mengandung antiseptic, antibakteri, dan antibiotik yang tinggi. Cara mengobati gusi bengkak secara alami dengan getah jarak adalah dengan meneteskan getah jarak pada gigi yang sakit.

12. Mengobati gusi bengkak dengan bahan alami air kelapa

Air kelapa juga berguna sebagai antiseptic alami. Berkumurlah dengan menggunakan air kelapa alami setiap sesudah menggosok gigi.

13. Mengobati gusi bengkak dengan bahan alami asam jawa

Asam jawa juga merupakan salah satu bahan alami berikutnya yang bisa digunakan sebagai antiseptic alami. Cara mengobati gusi bengkak secara alami dengan asam jawa adalah dengan menyangrai biji asam jawa lalu tempelkan pada gigi yang sakit

14. Mengobati gusi bengkak dengan bahan alami cengkeh

Cengkeh juga satu dari banyak bahan alami yang dapat mengobati gusi bengkak. Cara mengobati gusi bengkak secara alami dengan cengkeh adalah dengan menumbuk halus cengkeh kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

Jika Sahabat Dream sudah mencoba 14 cara mengobati gusi bengkak dengan bahan alami, namun belum membaik juga. Segeralah berobat ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang serius. Semoga bermanfaat.

Dirangkum dari berbagai sumber.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone