Posisi Tidur Terbaik Agar Wajah Tak Mudah Berjerawat

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 19 Maret 2019 10:45
Posisi Tidur Terbaik Agar Wajah Tak Mudah Berjerawat
Siapa sangka kebiasaan tidur uga berpengaruh pada kecantikan kulit.

Dream - Saat kantuk menyerang, kamu pasti akan langsung merebahkan diri di tempat tidur agar bisa segera sehat. Mulai saat ini, Sahabat Dream sebaikya mulai memperhatikan posisi tidur.

Selain pola tidur, posisi kamu saat tertidur ternyata bisa berdampak pada kesehatan juga. Kabar buruknya, posisi yang salah bisa mempengaruhi kesehatan kulit bahkan menyebabkan muncul jerawat serta kerutan.

Tanda-tandanya bisa terlihat dari mata panda, jerawat atau pipi yang tirus di salah satu bagian saja. Kiran Lohia, seorang dokter kecantikan menjelaskan efek posisi tidur pada kulit.

Menurut Kiran, tidur telentang merupakan posisi tidur terbaik. Namun kamu juga bisa memiringkan sedikit badan untuk menjaga kelembapan kulit wajah.

" Tidur telentang selalu menjadi cara terbaik. Tidur dengan menyangga tubuh di kemiringan 20-30 derajat bisa dilakukan untuk mempertahankan kandungan air," kata Lohia, seperti dikutip dari Times of India.

Selama ini memang banyak orang memilih tidur menghadap samping atau telungkup. Posisi iyu ternyata menyebabkan wajah bersentuhan langsung dengan bantal.

Alat bantu tidur itu diaggap bisa mengandung bakteri atau malah menghapus produk skincare yang kamu pakai.

Untuk menghindari bakteri maupun kuman yang menyebabkan jerawat maupun ruam, sebaiknya ganti dan bersihkan sarung bantal secara rutin.

1 dari 2 halaman

Tidur Telungkup Kurang Baik

Banyak orang yang suka tidur telungkup, padahal posisi ini paling buruk bagi kesehatan. Ketika tidur, kulit perlu bernapas. Posisi ini membuat seluruh permukaan wajah menimpa bantal dan menutup folikel.

 Bahaya Tidur TengkurapBahaya Tidur Tengkurap © © MEN

Akhirnya, wajahmu akan berjerawat, komedo atau timbul garis-garis halus dan mata panda karena menimpa bantal selama 8 jam. Jadi, hindari posisi ini ketika tidur.

Begitu juga tidur menyamping. Bisa memiliki dampak yang sedikit lebih baik dibandingkan telungkup. Tapi, posisi ini juga bukan pilihan yang baik.

Ketika tidur menyamping, beban tubuh akan berada pada satu titik. Akhirnya, kulitmu akan berkerut di salah satu bagian. Jika kamu habis memakai skincare, produknya pun akan banyak terserap oleh bantal dan tidak menyerap di kulit.

2 dari 2 halaman

Apa Efek Tidur Telentang untuk Kesehatan Kulit?

Telentang merupakan posisi terbaik ketika tidur. Kamu tidak akan membuat tekanan pada wajah dan mengurangi garis halus serta mempertahankan kekenyalan kulit.

Dibandingkan dengan posisi lainnya, tidur telentang tidak akan mengakibatkan cairan menumpuk di area mata dan membuatnya seperti panda. Posisi tidur ini pun membebaskan wajah dari sentuhan bantal yang menyebabkan terpaparnya sisa kotoran, minyak dan debu penyebab jerawat.

Beri Komentar
Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak