Ketahui Bahaya Minum Air Putih Berlebihan

Reporter : Gladys Velonia
Selasa, 30 Januari 2018 08:29
Ketahui Bahaya Minum Air Putih Berlebihan
Ada cara tepat dalam mencukupi kebutuhan air mineral harian tanpa perlu berlebihan.

Dream - Sahabat Dream mungkin sudah tahu efek buruk ketika tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Seperti kulit menjadi kering, bibir pecah-pecah, sakit kepala, hingga yang paling parah kehilangan kesadaran.

Lalu bagaimana jika tubuh terlalu banyak mendapat asupan cairan? Kondisi di mana seseorang minum air secara berlebihan, biasa disebut overhydration, ternyata juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Apalagi jika kondisi ginjal tak sehat.

" Overhydration itu tidak masalah selama ginjal kita sehat. Jadi air yang berlebih bisa dikeluarkan oleh tubuh lewat buang air kecil atau keringat. Jika ginjal tidak sehat, ini yang berbahaya," ujar Aninda Perdana, Health Marketing Manager Danone AQUA di Jakarta Pusat.

Menurut Anin, dampak dari overhydration saat ginjal tidak sehat adalah merembesnya air ke plasma darah yang dapat memperbesar sel itu sendiri sehingga mengganggu kinerjanya.

Untuk itulah, Anin memberikan cara-cara yang tepat dalam mencukupi kebutuhan air mineral harian tanpa perlu berlebihan.

" Air mineral tidak boleh diminum langsung sekaligus 2 liter. Sebaiknya 1-2 gelas saja sekali minum. Untuk orang dewasa, porsinya ialah 8-10 gelas belimbing sehari atau setara dengan 2 liter air. Untuk anak-anak dan lansia cukup 6-8 gelas," jelas Anin.

(Sah)

 

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary