CONNECT WITH US!

Mengejutkan! Pria Ini Terkena Stroke Usai Pijat

Reporter : Gladys Velonia | Jumat, 10 November 2017 09:13
Pijat (Tribune.com)
Penyebabnya, terlalu sering dipijat yang berakibat pada...

Dream - Banyak orang percaya pijat relaksasi merupakan cara tepat mengatasi kelelahan fisik. Tampaknya kamu akan berpikir ulang sebelum pijat relaksasi saat membaca kisah ini.

Dikutip dari Tribune.com, seorang pria India mengalami stroke usai mendapatkan pijatan kasar di bagian lehernya. Dokter mengatakan pijatan tersebut menimbulkan pembekuan darah pada otaknya.

Sebuah studi medis menyebutkan pengulangan pada pijat relaksasi bisa menjadi faktor penyebab pembekuan darah.

Pria berumur 45 tahun berasal dari daerah Ludhiana, Punjab itu mengaku selalu pijat relaksasi sebanyak 2-4 kali sepekan. Dia ingin memiliki tubuh yang rileks.

Sialnya, pria itu malah dilarikan ke rumah sakit Dayanand Medical College & Hospital usai mengalami gangguan afasia (sulit bicara) tiba-tiba dan kedua tungkai bawah yang lemas.

Mendadak bisu dan tidak bisa mengambil keputusan, tim dokter rumah sakit tersebut memvonis pria malang itu terkena stroke. Padahal, tak ada riwayat stroke dalam keluarganya, sehingga dokter memastikan jika kejadian ini bisa terjadi pada siapa saja.

Tes yang dilakukan dokter menunjukkan pembuluh arteri yang menyalurkan darah ke otak pria tersebut pecah. Pemicunya, pijatan pada tulang belakang yang dilakukan secara terus menerus hingga pembuluh arteri menyempit lalu terputus.

Jaslovleen Kaur, dokter yang menangani pria tersebut, menuliskan kejadian tersebut pada artikelnya yang dimuat di jurnal ilmiah. Jaslovleen mengatakan kejadian itu sangat langka

" Pijat leher chiropractic yang dilakukan berulang-ulang pada tulang belakang pria itu, menjadi faktor pemicu stroke," jelas Kaur.

Meski kini pria tersebut sedang menjalani pemulihan, pelajaran yang dapat diambil adalah teknik pijat relaksasi tidak boleh sembarangan. Sebaiknya jangan terlalu sering dipijat karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. (ism) 

#KapanLagiKepo - Joko Anwar Ingin Jadi Leonard Cohen