Pandemi Ternyata Bikin Orang Lebih Rajin Sarapan

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 6 September 2021 17:12
Pandemi Ternyata Bikin Orang Lebih Rajin Sarapan
Kesehatan dan asupan nutrisi kini memang jadi prioritas banyak orang.

Dream - Kebiasaan makan Sahabat Dream selama pandemi mengalami perubahan? Banyak orang yang sebelum pandemi tak terlalu ambil pusing saat telah makan atau tidak sarapan.

Pandemi datang lalu mengubah semuanya. Sebuah survei yang dilakukan Herbalife Nutrition, mengungkap temuan Kebiasaan Sarapan Asia Pasifik 2021. Survei menemukan bahwa keinginan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan merupakan alasan utama yang menjadi motivasi bagi konsumen di Asia Pasifik untuk menerapkan kebiasaan sarapan yang baik.

Sebanyak 30 persen konsumen mulai menyantap sarapan lebih sering karena situasi yang terjadi saat ini, dan setengah dari responden yang mulai melakukannya mengaku sarapan enam hingga tujuh hari dalam satu minggu.

Survei Kebiasaan Sarapan Asia Pasifik 2021 ini melakukan jajak pendapat terhadap lebih dari 5.500 konsumen yang berusia 18 tahun dan lebih di 11 pasar - Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Sekitar 50 persen dari responden di tiap negara merupakan Generasi Z (berusia 18-24 tahun) atau Milenial (berusia 25-40 tahun).

" Dengan kesadaran yang semakin berkembang terhadap kebutuhan untuk sarapan yang sehat dan bernutrisi demi mendukung kesejahteraan mereka, banyak di antara konsumen – termasuk Generasi Z dan Milenial – yang sebelumnya tidak makan sarapan, mulai menyantap sarapan setiap hari pada saat ini," kata Stephen Conchie, Senior Vice President & Managing Director, Asia Pacific, Herbalife Nutrition dalam siaran persnya.

 

1 dari 4 halaman

Survei mengungkap, dua dari lima (37 persen) generasi Z dan milenial di Asia Pasifik mulai makan sarapan lebih sering karena pandemi, lebih tinggi daripada rata-rata wilayah ini yaitu sebesar 30 persen dari seluruh kelompok usia. Perubahan dalam kebiasaan sarapan di kalangan generasi Z dan milenial lebih jelas terlihat di kalangan responden Thailand (65 persen) dan Filipina (53 persen), dengan lebih dari setengah konsumen berusia 18 hingga 40 tahun yang kini lebih sering menyantap sarapan.

Ketika ditanya tentang alasan lebih sering sarapan, alasan utama yang disampaikan oleh Generasi Z dan Milenial serupa dengan jawaban dari sebagian besar konsumen Asia Pasifik. Berbagai alasan tersebut di antaranya:
- Saya ingin meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan saya (65 persen)
- Saya punya lebih banyak waktu pada pagi hari untuk menyiapkan sarapan (48 persen)
- Saya ingin menggunakan waktu selama di rumah untuk melakukan perubahan gaya hidup yang positif (41 persen)

 

2 dari 4 halaman

Ada peningkatan luar biasa dalam menyadari nutrisi sebagai sebuah elemen penting dalam sarapan ideal di kalangan konsumen Asia Pasifik. Ketika ditanya tentang faktor apa saja yang terdapat dalam sarapan ideal, para responden memilih nutrisi sebagai faktor yang paling penting (50 persen), dilanjutkan dengan persiapan yang cepat dan mudah (16 persen), cita rasa (14 persen), dan kenyamanan (14 persen).

Pastikan Ada Kandungan Serat di Menu Sarapan Tiap Pagi© MEN

" Ada berbagai pilihan sarapan bebas repot yang mengandung lebih banyak nutrien, yang juga mudah dan cepat untuk disiapkan. Ini akan memberikan energi kepada konsumen untuk memulai hari mereka sambil meningkatkan kesejahteraan mereka secara keseluruhan dalam jangka panjang," ujar Conchie.

3 dari 4 halaman

Doa Mendapat Berkah dari Sarapan

Dream - Makan tentu jadi rutinitas yang tidak akan pernah terlewat. Karena inti dari makanan adalah kenikmatan.

Namun demikian, kita tentu tahu makanan tidak semata soal kenikmatan lidah. Di baliknya ada beragam manfaat.

Makan termasuk salah satu upaya memenuhi hak tubuh. Lewat makanan, tubuh mendapatkan energi yang bisa menunjang aktivitas kita.

Bagi orang Indonesia dikenal waktu makan sebanyak 3 kali. Salah satunya sarapan, yang punya peranan penting karena dapat berpengaruh pada metabolisme tubuh.

Sarapan dapat membuat tubuh bekerja optimal. Sehingga kita bisa melakukan berbagai aktivitas dengan lancar.

Nah, agar dapat berkah dari sarapan, dianjurkan membaca doa ini.

 

4 dari 4 halaman

Baca Setiap Hari

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ، أَطْعَمْتَ وَأَسْقَيْتَ، وَأَشْبَعْتَ وَأَرْوَيْتَ، فَلَكَ الْحَمْدُ غَيْرَ مَكْفُورٍ وَلَا مُوَدَّعٍ وَلَا مُسْتَغْنًى عَنْهُ

Allahumma lakal hamdu ath'amta wa asqoita wa asyba'ta wa arwaita fa lakal hamdu ghoira makfurin wala muwadda'in wa la mustaghnan 'anhu.

Artinya,

" Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Engkau memberi makan dan minum dan Engkau memberi kekenyangan dan menghilangkan rasa haus. Bagi-Mu segala puji yang tidak dapat diingkari, tidak dapat ditinggalkan dan juga tidak cukup darinya."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar