Perut Terasa Kembung Bertahun-tahun, Setelah Diperiksa...

Reporter : Sugiono
Rabu, 28 Februari 2018 13:12
Perut Terasa Kembung Bertahun-tahun, Setelah Diperiksa...
Si wanita mengeluh perutnya sering terasa kembung. Sudah diobati tetap saja tidak berhasil. Akhirnya dokter memeriksa dan menemukan benda aneh..

Dream - Terkadang perut kembung terjadi karena makanan yang kita makan. Namun tidak bagi seorang wanita Jepang yang tidak disebutkan namanya ini.

Dia sering mengalami perut kembung karena ada benda perlengkapan operasi berupa spons bedah yang tertinggal di dalam perutnya, selama bertahun-tahun.

Menurut laporan The New England Journal of Medicine, 21 Februari lalu, awalnya wanita 42 tahun itu memberitahu dokter dia sering mengalami perut kembung di bagian bawah perutnya dalam 3 tahun terakhir.

Riwayat kesehatan menyebutkan, wanita itu pernah menjalani operasi caesar dua kali, yaitu pada enam dan sembilan tahun yang lalu.

Ketika dokter memeriksa wanita itu, mereka menemukan dua benda padat dekat tulang panggul kiri dan kanan.

Dokter kemudian meminta wanita itu menjalani CT scan untuk mengidentifikasi kedua benda aneh tersebut.

Melalui CT scan, dokter hanya bisa mengetahui bahwa kedua benda tersebut 'sangat padat dan berserabut'.

Untuk menghilangkan benda padat itu, wanita tersebut perlu dioperasi. Selama operasi, dokter menemukan dua benda padat di daerah yang disebut cekungan paracolic.

Cekungan paracolic adalah ruang di setiap sisi tubuh di antara usus besar dan dinding perut.

" Setelah kedua benda padat itu dikeluarkan, dokter membelahnya dan ternyata itu adalah spons bedah yang terbungkus 'dinding tebal dan berserabut'," tulis laporan jurnal tersebut.

Dr Takeshi Kondo, dari Departemen Kesehatan Umum di Chiba University Hospital di Jepang mengatakan, spons bedah itu rupanya tertinggal saat wanita itu menjalani operasi caesar.

Namun tidak diketahui apakah kesalahan itu terjadi pada operasi pertama atau yang kedua.

" Namun yang jelas, kesalahan itu terjadi selama di salah satu operasi, bukan kedua-duanya," kata Dr Takeshi Kondo, penulis jurnal dan dokter yang menangani wanita itu.

Dr. Kondo mengatakan kepada Live Science bahwa selama operasi, seorang dokter kandungan biasa memasang spons bedah di cekungan paracolic untuk mencegah agar usus tidak mengganggu jalannya operasi.

Wanita itu akhirnya pulih, dan gejala perut kembungnya benar-benar hilang. Dia pulang dari rumah sakit lima hari setelah menjalani operasi tersebut.

1 dari 1 halaman

Wanita Paling Rentan Alami Kasus Serupa

Dream - Sebuah artikel ulasan dari tahun 2013 yang membahas kasus unik ini menyebutkan membiarkan benda-benda perlengkapan operasi tertinggal di tubuh pasien dianggap sebagai 'insiden yang tidak boleh terjadi' dalam dunia medis.

Menurut artikel tersebut, kasus seperti ini memang jarang terjadi. Dengan perbandingan kasus antara 1 dari 5.500 operasi hingga 1 dari 18.760 operasi..

Namun yang paling rentan mengalami kasus ini adalah kaum wanita. Terutama yang menjalani operasi yang terkait dengan sistem reproduksi wanita dibandingkan dengan jenis operasi lainnya.

Sebuah penelitian di tahun 2010 menemukan bahwa anak perempuan di bawah 18 tahun yang menjalani operasi kandungan, seperti pengangkatan kista ovarium, memiliki risiko empat kali untuk  mengalami kasus operasi dengan benda asing tertinggal di dalam tubuh daripada anak-anak yang menjalani operasi lainnya.

" Ini mungkin karena area panggul lebih sulit dijangkau dan memiliki cekungan yang lebih banyak sehingga spons bedah atau instrumen bedah kecil mudah tertinggal," kata Dr. Fizan Abdullah, seorang ahli bedah anak di Rumah Sakit Anak-anak Ann & Robert H. Lurie di Chicago, mengatakan kepada Live Science dalam sebuah wawancara  tahun 2010.

(ism, Sumber: Live Science)

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis