Mengenal Kanker Lidah yang Merenggut Suami Rezy Selvia

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 8 Agustus 2017 15:44
Mengenal Kanker Lidah yang Merenggut Suami Rezy Selvia
Awalnya dikira penyakit sariawan, jantung Rezy berhenti saat hasil pemindaian menemukan kanker lidah stadium 4

Dream - Viral di Facebook cerita dari akun ReZy SeLvia DeWi yang mendampingi suaminya, Andri K. Farid, saat menderita sakit kanker lidah yang membawanya berpulang ke Rahmatullah.

Dalam unggahannya, Rezy tak menyangka jika penyakit yang awalnya dianggap sariawan namun tak kunjung sembuh itu ternyata kanker lidah.  

Menjalani serangkaian pemeriksaan, mulai dari dokter gigi, dokter syaraf, kabar mengejutkan diterima Rezy saat melakukan pemindaian. Diketahui ada benjolan di sariawan yang diderita sang suami. Benjolan tersebut ternyata kanker lidah stadium 4.

" Dokterpun menghela napas panjang, ada perasaan tak enak saat itu. Hasil pemeriksaannya kurang bagus, bapak positif terkena KANKER LIDAH. Dek.. seolah detak jantungku berhenti kanker…Dok?” tulis Rezy di akun Facebooknya pada 5 Agustus 2017 lalu.

 

Diantara berbagai penyakit kanker, mungkin jenis kanker lidah ini belum begitu akrab di telinga masyarakat Indonesia. Padahal penyakit ini masuk kategori mematikan karena biasanya baru terdeteksi di stadium akhir.

Gejala-gejalanya, seperti dikutip dari Alodokter, memang seperti keluhan sariawan dan gangguan tenggorokan. Seperti, sakit tenggorokan yang berlangsung terus-menerus. Bercak berwarna merah atau putih, benjolan, atau sariawan yang tidak kunjung sembuh.

Tanda-tanda lain adalah sakit saat menelan, rasa kebas dalam mulut yang tidak kunjung hilang, perdarahan tanpa sebab yang jelas pada lidah, serta rasa sakit pada telinga.

Jika terdapat sariawan di mulut atau bercak-bercak putih dan tak kunjung sembuh dalam waktu lama, segeralah periksakan diri ke dokter.

Mereka yang paling berisiko mengalami penyakit kanker ini adalah para perokok berat. Faktanya, sekitar 85 persen kanker pada daerah kepala dan leher, termasuk lidah, disebabkan oleh konsumsi tembakau

Beri Komentar