'Pesona Indonesia' Merambah dari Hollywood hingga Bollywood

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 3 Desember 2015 12:01
'Pesona Indonesia' Merambah dari Hollywood hingga Bollywood
Tak hanya Hollywood, promosi 'Wonderful Indonesia' kini melebarkan sayap hingga ke negara Bollywood.

Dream - Tak hanya menyasar Hollywood, kini Kementerian Pariwisata (Kemenpar) melakukan promosi 'Wonderful Indonesia' hingga ke Mumbai, India. Ekspansi Kemenpar ke negara para artis Bollywood tersebut digelar lewat Festival Budaya Nusantara pada tanggal 2-4 Desember 2015.

Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kemenpar, Taufik Nur Hidayat mengatakan wisatawan India berpotensi meningkatkan devisa negara mengingat karakteristik mereka sebagian besar adalah masyarakat wisatawan kelas atas. Pasar wisatawan India pada umumnya memilih hotel dengan fasilitas bintang lima.

" Kami harus menyiapkan apa yang mereka butuhkan seperti paket wisata petualangan dan lingkungan yang banyak mereka harapkan, makanan India, dan suasana kehidupan malam yang nyaman," ungkapnya melalui keterangan terulis yang diterima dream.co.id pada Kamis, 3 Desember 2015.

Dalam kesempatan ini, Kemenpar mengejar target kedatangan wisatawan India sebanyak 250 ribu kunjungan hingga akhir tahun 2015. Pintu masuk kedatangan akan difokuskan melalui Bali, Jakarta dan Batam.

Selain festival budaya, pemerintah juga aktif memasarkan paket wisata secara mandiri atau mengikuti ajang pameran pariwisata yang digelar India.

Taufik menjelaskan, promosi Wonderful Indonesia di Mumbai merupakan salah satu diplomasi budaya untuk mendekatkan kedua negara secara emosional. Secara historis, Indonesia memang mempunyai hubungan yang erat dengan India.

Pada abad ke-9, Kerajaan Hindu berkembang pesat di Jawa yang merupakan salah satu pengaruh dari Hindu yang berpusat di India. Banyak peninggalan kerajaan Hindu yang masih dilestarikan Pemerintah Indonesia.

Demikian penyebaran agama Islam di Indonesia juga diperankan pedagang asal Gujarat India yang melakukan hubungan dagang di berbagai kota pelabuhan di Indonesia.

" Kita ingin mengatakan bahwa Indonesia dan India mempunyai hubungan sejarah yang baik sehingga mengajak warga India untuk bisa berlibur ke Indonesia melihat dari dekat budaya dan kecantikan destinasi di Indonesia," katanya.

Sebagai negara yang mendapatkan fasilitas bebas visa kunjungan singkat ke Indonesia, pemerintah berharap angka kunjungan wisatawan India pada 2016 bakal naik 10 persen menjadi 300 ribu wisatawan.

Beri Komentar