Bukan Cuma Dicuci, Begini 4 Cara Merawat Helm Tetap Awet dan Tak Bau Apek

Reporter : Alfi Salima Puteri
Kamis, 2 Juni 2022 16:36
Bukan Cuma Dicuci, Begini 4 Cara Merawat Helm Tetap Awet dan Tak Bau Apek
Saat ini helm tidak hanya menjadi perlengkapan keselamatan para bikers saat berkendara, namun juga bisa meningkatkan penampilan atau gaya saat di jalanan. Simak di sini cara merawatnya.

Dream - Helm menjadi salah satu perangkat keselamatan yang wajib digunakan saat mengendarai motor. Tak hanya saat ada razia polisi. menggunakan helm seharusnya sudah menjadi kesadaran setiap pengendara ketika hendak mengendari sepeda motornya.

Kini helm tidak hanya menjadi perlengkapan keselamatan para bikers saat berkendara. Helm telah naik kelas dengan menjadi status sosial dari si pengendara. Makin lengkap fitur dan nyaman saat digunakan, harga helm biasanya semakin mahal. 

Namun semua itu akan menjadi tak bernilai ketika teman kamu mencium bau apek dari helm yang biasa digunakan. Helm yang berharga sampai jutaan rupiah seolah jadi tak berharga kala bau tak sedap menyebar.

Nah berikut adalah beberapa tips cara merawat helm agar awet oleh Main Dealer Yamaha PT Lautan Teduh (Lampung).

1 dari 4 halaman

1. Jangan taruh helm sembarangan

Saat sedang diparkir, gunakan sarung helm agar terhindar dari panas atau matahari langsung. Hindari menaruh helm di spion agar mengurangi potensi lecet karena terjatuh.

Sahabat Dream bisa menyimpannya di tas helm, lalu membawanya atau menaruh helm dengan mengaitkannya di atas jok motor serta dapat dimasukkan di bagasi motor agar helm selalu aman baik dari hujan ataupun orang yang hendak mencuri.

Untuk Sahabat Dream yang tidak menggunakan helm dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya menyimpan helm dengan rapi. Kalian bisa menutupnya dengan kain atau dengan cara dibungkus. Hal ini dilakukan supaya tidak ada debu yang menempel atau bahkan dimasuki laba-laba hingga membuat sarang di sana.

2 dari 4 halaman

2. Hindari menggunakan helm saat rambut basah

Sering diantara kita bepergian menggunakan helm setelah mandi dan berkeramas, terlebih saat pagi hari hendak bekerja atau saat sedang terburu-buru. Sahabat Dream harus mulai menghentikan kebiasaan tersebut.

Rambut yang basah akan membuat bagian dalam helm lebih cepat berbau dan apek. Terlebih jika Anda menggunakan pomade atau minyak rambut, maka bagian dalam helm menjadi sangat lengket dan jika dibiarkan dalam waktu lama, bau helm menjadi tidak sedap.

Untuk menjaga supaya helm tidak bau dan tetap wangi, coba gunakan shower cap tipis saat Sahabat Dream sedang memakai pomade atau baru selesai keramas. Shower cap akan mencegah rambut yang masih basah atau menggunakan pomade bersentuhan langsung dengan helm.

3 dari 4 halaman

3. Cuci helm secara berkala

Helm yang dipakai setiap hari rentan sekali memunculkan bau yang tak sedap. Oleh karena itu, rutin mencuci helm satu bulan sekali.

Namun, intensitas mencuci helm sekali dalam sebulan bukanlah pedoman yang wajib, tentu bisa disesuaikan dengan rutinitas pemakaian dan kondisi helm.

Jika Sahabat Dream merasa dalam dua minggu helm sudah sangat bau dan perlu dicuci, maka segeralah mencucinya. Dan saat ini jasa pencucian helm sudah cukup banyak.

4 dari 4 halaman

4. Perhatikan cara mencuci helm

Mencuci helm tentu tidak bisa sembarangan karena helm terdiri dari beberapa bagian dengan material yang berbeda-beda. Maka butuh perlakuan khusus pada tiap bagiannya jika ingin helm lebih awet.

Apabila Sahabat Dream tidak ingin ribet saat mencuci helm, laundry helm pun sekarang sudah banyak tersedia.

Beri Komentar