CONNECT WITH US!

8 Bahaya Kurang Tidur untuk Kecantikan Wajah

Reporter : Dwi Ratih | Selasa, 28 Juli 2015 07:27
Tidur adalah kesampatan tubuh untuk menutrisi makanan untuk otak, tubuh dan kulit Anda. Istirahat malam yang baik, dapat mengangkat sel darah dan sel-sel otak yang telah mati.

Dream - Apakah Anda pernah mengalami kesulitaan tidur saat malam hari. Ternyata, kurang tidur berdampak negatif loh bagi kecantikan.

Seperti yang dilansir dari cosmopolitan pada Selasa 28 Juli 2015 seharusnya kita harus cukup tidur. Dan, membiarkan sel-sel beregenarasi saat kita beristirahat.

Kurang tidur sama saja dengan membiarkan kesehatan kulit menjadi terganggu. Jika tidak diatasi akan menimbulkan masalah serius pada penampilan Anda. Seperti apa sajakah bahayanya, simak penjelasannnya di bawah ini:

1. Menghilangkan nutrisi Otak, Tubuh dan Kulit
Tidur adalah kesempatan tubuh untuk menutrisi makanan untuk otak, tubuh dan kulit Anda. Istirahat malam yang baik, dapat mengangkat sel darah dan sel otak yang telah mati. Bahkan dapat membersihkan jalur untuk sinapsis baru sehingga dapat menggantikan yang lama.

Saat tidur otak akan melepaskan racun dari tubuh lebih dari 60 persen. Sehingga, tubuh akan merasa lebih segar saat bangun esok paginya. Pikiran pun jauh lebih jernih dan membuat kulit menjadi lebih bersinar.

2. Timbul masalah kulit
Selain mempengaruhi kesehatan tubuh, kurang tidur juga dapat mempengaruhi tingkat kelembaban kulit seseorang. Kesehatan kulit menjadi tidak seimbang dan menjadi kering akibat dehidrasi. Selain itu, pH dalam kulit akan berkurang dan menjadikannya kemerahan dan berjerawat.

Ketika pH menurun kulit menjadi kusam dan tampak kering akibat tingkat kelembaban yang menurun. Tidurlah selama delapan jam agar kebutuhan kulit tercukupi saat tubuh beristirahat. Bahkan akan lebih bagus saat Anda tidur 15 menit lebih awal.

3. Mata Panda
Saat anda tidak tidur dalam jumlah yang cukup, hal itu mengakibatkan pembuluh darah menjadi melebar, dan menjadi lingkaran hitam di sekitar mata.

4. Minum Sebelum Tidur
Sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman 90 menit sebelum waktu tidur. Sehingga hal itu tidak akan mengganggu periode tidur dalam keadaan rapit eye movement (REM).

Sedangkan dalam tiduran sendiri dibagi dalam empat tahapan. Tahapan pertama dan kedua yaitu kondisi dimana Anda berada antara terjaga dan menjadi tertidur. Sedangkan tahap keempat, anda berada dalam kondisi ketika REM terjadi dan regenerasi sel terjadi. Nah, jika proses ini terganggu maka akan membuat kulit menjadi tampak pucat dan kering.

5. Hindari Gadget
Kebiasaan memainkan ponsel saat akan tidur membuat jadwal tidur menjadi terganggu. Cahaya atau radiasi yang berasal dari gadget akan membuat mata tetap terjaga.

Cahaya tersebut merangsang energi pada tubuh karena ritme sirkadian yang berada tepat di belakang bola mata berubah menjadi warna biru. Kemudian berdampak pada meningkatnya melatonin yang membuat kantuk tak kunjung datang. Hentikan kebiasaan ini, dan Anda akan terhindar dari masalah pori-pori kulit yang terus membesar.

6. Kain Seprai
Saat tidur, biasanya kulit wajah akan tertumpu pada bantal. Jika bahan seprai yang anda pakai kasar atau terbuat dari katun berkualitas rendah bisa merusak kehalusan kulit Anda.

Dalam waktu yang lama, kain yang kasar bisa memicu timbulnya keriput pada wajah. Selain itu, gesekan wajah pada sarung bantal juga dapat menyebabkan jerawat bermunculan. Bahkan beberapa ahli kecantikan menyarankan untuk memakai sarung bantal yang berbahan sutra atau silk murni.

7. Kantung Mata
Selain menghasilkan lingkaran hitam pada wajah, posisi tidur yang salah akan membuat daerah di bawah menjadi berkantung. Apalagi jika Anda tidur dalam posisi tertelungkup, karena membuat palung di bawah mata menjadi bengkak saat bangun tidur.

Untuk mengatasi hal ini, ambillah dua kantung teh celup. Rendam dan kompreskan pada wajah selama lima menit untuk mengurangi bengkak.

8. Stres
Stres dapat mengakibatkan seseorang menjadi kurang Tidur. Secara otomatis, hal itu berdampak juga pada kesehatan kulit. Kulit ibarat jendela untuk sirkulasi tubuh, jadi saat kurang tidur kulit menjadi tidak berfungsi dengan baik. Lalu kulit menjadi kering, terkelupas dan kusam.

Beberapa dokter menyarankan untuk melakukan olahraga terutama pada pukul 07.00 dan 17.00. Hal tersebut akan membantu melepaskan hormon stres sehingga tubuh menjadi lebih lelah dan rasa kantuk akan segera datang. (Ism)

 

Bold My Lips: Perempuan Berani Bicara