Ilmuwan Temukan Cara Ajaib Sambung Kain Sobek Kembali Sempurna

Reporter : Irma Suryani
Rabu, 24 Agustus 2016 15:30
Ilmuwan Temukan Cara Ajaib Sambung Kain Sobek Kembali Sempurna
Para peneliti tersebut menemukan zat protein yang dikandung dalam protein yang ada pada 'squid ring teeth, yang bisa menyambungkan material karet.

Dream - Celana sobek terkadang malah menjadi gaya. Model ini disebut dengan ripped jeans. Dan banyak orang, baik pria maupun wanita, gandrung dengan tren busana ini.

Namun, banyak juga yang alergi. Mereka yang tak suka lebih memilih celana atau item fesyen sempurna. Sehingga apabila ada celana sobek akan ditambal, atau bahkan membuangnya.

Tapi bagi Anda yang suka dengan pakaian sempurna, jangan khawatir. Sekarang tak lagi harus repot mencari tukang jahit untuk menambal busana yang sobek. Apalagi sampai membuangnya.

Sebab, tim peneliti di Huck Institutes of the Life Science, Amerika Serikat, bisa “ menyulap” kain sobek menjadi kembali mulus. Tanpa “ cacat”.

Dilansir Dream dari salon.com, pada September tahun lalu, para ilmuwan di Pensylvania itu menemukan zat protein dalam 'squid ring teeth.' Zat ini dapat mengubah cairan menjadi padat dengan adanya campuran air.

Melalui pengujian bahan karet, para ilmuwan ini menggunakan bakteri sebagai media untuk memperbaiki kain.

Bahan karet yang sudah terbelah menjadi dua kembali menyatu dengan cairan dan air yang bersuhu 45 derajat celcius.

Tetapi belum dipastikan apakah cairan ini cocok untuk digunakan untuk berbagai jenis kain.

" Kami sedang berusaha mencari cara untuk membuat kain yang bisa memperbaiki diri sendiri dengan menggunakan bahan kain konvensional," katanya kepada Salon.com