Ingin Pakaian Lebih Awet? Cobalah 5 Cara Mudah Ini

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 11 Maret 2020 09:36
Ingin Pakaian Lebih Awet? Cobalah 5 Cara Mudah Ini
Yuk dicoba, gak pake ribet kok!

Dream - Setelah dikenakan beberapa lama, pakaian bisa menjadi lebih longgar, luntur, bahkan robek. Bila sudah begitu, ujung-ujungnya bakal ditaruh di gudang. Tak terpakai.

Sayang, bukan? Apalagi, kamu sangat menyukai pakaian tersebut dan tidak bisa menemukan modelnya lagi.

Tapi di sisi lain, banyak orang yang masih memiliki pakaian dengan kondisi sempurna untuk waktu cukup lama. Kamu pasti ingin tahu rahasia mereka.

Dilansir Miss Kyra, berikut tips membuat pakaian lebih awet.

Memisahkan Jenis Pakaian

Membuat Pakaian Lebih Awet© shutterstock.com

Perhatikan instruksi untuk merawat pakaian. Berhati-hatilah ketika membersihkan pakaian bayi dan gunakan detergen berbahan ringan. Detergen yang mengandung alkali bisa menyebabkan alergi. Pisahkan sprei dengan handuk ketika mencuci.

Mengetahui Bahan Pakaian

“ Cucilah pakaian berbahan ringan dengan tangan,” kata Purva Khurana, Associate Professor National Institute  Fashion Technology India. Lakukan hal tersebut ketika mencuci bahan sutra, pakaian dalam, sweater, knitwear, katun, viscose, polyester dan chiffon.

Mencuci dengan mesin akan merusak pakaianmu. Cuci pakaian dalam keadaan terbalik untuk membiarkan bahannya bernafas.

1 dari 3 halaman

Mengenali Beberapa Macam Pembersih Pakaian

Deterjen cair merupakan alternatif yang baik untuk formula bubuk karena residunya lebih sedikit. Pewangi, pemutih, dan pewarna pakaian, bisa menyebabkan iritasi kulit.

Mencuci© shutterstock.com

Hindari detergen yang mengandung SLS, SLES, 1,4-dioxane, nonylphenol ethoxylates dan fosfat. Pelicin pakaian akan memudahkan ketika menyetrika pakaian. Gunakan pelicin pakaian sesuai dengan warna, bahan serta bentuk bajumu.

Gunakan sabun sebagai pengganti detergen untuk mencegah alergi. Dan gunakan cuka untuk melembutkan pakaian. Sebaiknya, gunakan air bersuhu rendah agar warna tidak cepat memudar.

2 dari 3 halaman

Cara Menyimpan Pakaian

Lepas pakaian dari hanger sebelum menyimpannya agar bentuknya tidak rusak. Simpanlah di tempat bersih dan bebas tungau atau bahan korosif. Pastikan pakaian sudah benar-benar kering.

Membuat Pakaian Lebih Awet© shutterstock.com

Simpan pakaian ke dalam kantung yang berisi lavender dan bunga kering agar lebih bersih serta wangi. Jangan simpan pakaian terlalu lama. Keluarkan sesekali agar tidak cepat rusak. Pisahkan pakaian berbahan wool dengan jaket.

3 dari 3 halaman

Trik Menghilangkan Noda

Mencuci pakaian© shutterstock.com

Rendam pakaian ke dalam campuran air dengan hidrogen peroksida selama satu jam dan bersihkan. Untuk menghilangkan noda teh atau kopi, cuci dengan air panas. Tapi, jangan lakukan ini pada bahan wool atau sutra. Lalu, gosok dengan campuran borax dan air.

Beri Komentar