Manfaat Temu Putih untuk Kecantikan dan Kesehatan Wanita

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Jumat, 13 Desember 2019 11:48
Manfaat Temu Putih untuk Kecantikan dan Kesehatan Wanita
Bermacam-macam tanaman herbal bisa kamu manfaatkan untuk kesehatan maupun kecantikan, contohnya seperti temu putih.

Dream - Indonesia memiliki banyak tanaman herbal yang berkhasiat untuk kecantikian maupun kesehatan. Beberapa di antaranya bahkan mengandung kedua manfaat tersebut sekaligus. Salah satunya tanaman herbal yang kaya manfaat itu adalah tanaman temu putih.

Temu putih atau kunyit putih masih termasuk keluarga jahe-jahean. Khasiatnya dipercaya efektif untuk kesehatan dan juga kecantikan. Bahkan, manfaat temu putih bisa digunakan sebagai penawar bisa racun.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari temu putih. Berikut ini adalah beberapa manfaat temu putih untuk kecantikan dan kesehatan wanita.

Manfaat Temu Putih untuk Kecantikan dan Kesehatan Wanita© MEN

1 dari 3 halaman

Manfaat Temu Putih untuk Kecantikan

Temu putih memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat temu putih untuk kecantikan yang bisa kamu dapatkan.

Antioksidan

Manfaat temu putih yang pertama yaitu sebagai antioksidan. Sama seperti teh hijau yang sering digunakan sebagai bahan utama skincare, temu putih pun juga memiliki kandungan antiokasidan yang tinggi yang baik untuk kulit.

Minyak atsiri

Manfaat temu putih selanjutnya adalah minyak atsiri. Temu putih juga memiliki kandungan minyak atsiri atau essential oil yang selama ini dipercaya bermanfaat untuk membuat kulit sehat.

Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan merupakan salah satu dari manfaat temu putih. Antioksidan yang dikonsumsi secara teratur dan jumlah yang seimbang pun bisa membantu menurunkan berat badan. Temu putih juga bisa dijadikan alternatif lain untuk membantu meluruhkan lemak jikalau ingin mencoba cara yang alami.

Jurus Jitu Usir Galau dan Stress, Layak Dicoba Hijabers!© MEN

2 dari 3 halaman

Manfaat Temu Putih untuk Kesehatan

Selain memiliki manfaat dalam kecantikan, temu putih juga bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat temu putih untuk kesehatan.

Mencegah kanker

Manfaat temu putih untuk kesehatan pertama yaitu dapat mencegah kanker. kandungan zat RIP (Ribosom Inacting Protein) dalam temu putih diyakini mampu mencegah, merontokkan, memblokir, dan menonaktifkan sel kanker dalam tubuh, tanpa merusak sel di sekitarnya. Kunyit putih juga diyakini mampu menghambat metastasis kanker dari suatu organ ke organ tubuh lainnya.

Mencegah Kanker© Shutterstock

Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat temu putih untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu dapat mengatasi masalah pencernaan. Sudah sejak lama temu putih menjadi obat dalam mengatasi masalah pencernaan. Minyak esensial dari temu putih ini cukup bermanfaat dalam mengobati maag, perut kembung, sembelit, kejang otot, dan masalah lambung lainnya.

Mengatasi demam

Mengatasi demam merupakan salah satu manfaat temu putih untuk kesehatan. Temu putih memiliki senyawa curcumenol yang dapat membantu mengatur suhu dalam tubuh. Sangat baik bagi penderita demam.

Mengurangi bengkak dan rasa linu

Manfaat temu putih juga dapat mengurangi bengkak dan rasa linu pada tubuh. Cukup membalurkan parutan temu putih yang dicampur dengan minyak kelapa pada anggota tubuh yang bengkak atau anda rasa linu akibat kondisi tertentu.

Penawar bisa ular

Tidak disangka, salah satu manfaat temu putih yaitu dapat menjadi penawar bisa ular. Ekstrak dari khasiat kunyit putih dapat menjadi pertolongan pertama yang ampuh sebagai penawar dan penghambat aktivitas racun ular dalam tubuh.

3 dari 3 halaman

Manfaat Temu Putih untuk Wanita

© Dream

Temu putih juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat. Jerawat di wajah bisa disebabkan karena mood atau perasaan yang tidak baik. Hal ini disebut dengan psikosomatis.

Psikosomatis merupakan suatu keadaan sakit fisik yang diakibatkan oleh stres dan kecemasan. Sakit yang dialami setiap orang akan berbeda, bisa pada kulit tidak sehat, badan mudah lelah, dan sebagainya.

Salah satu manfaat temu putih adalah dapat mengatasi rasa cemas dan stres. Kandungan ekstrak petroleum eter dan kloroform di dalam temu putih dapat menenangkan diri utnuk mengatasi stres. Sehingga membuat jerawat tidak muncul dan wajah menjadi bersih.

(Andrawira Diwiyoga/Sumber: halodoc dan liputan6)

Beri Komentar