Status Facebook Ungkap Kepribadian Penulisnya

Reporter : Sandy Mahaputra
Selasa, 26 Mei 2015 08:49
Status Facebook Ungkap Kepribadian Penulisnya
Peneliti menemukan bahwa pengguna cenderung menulis status sesuai dengan ciri-ciri kepribadian mereka.

Dream - Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan Universitas Brunei mengatakan status Facebook ternyata bisa mengungkap kepribadian dari penulisnya.

Penelitian tersebut dilakukan menggunakan metoda survei terhadap 555 pengguna Facebook. Survei tersebut menitikberatkan pada lima ciri-ciri utama kepribadian atau Big Five Personality, yang terdiri dari ekstroversi, keterbukaan, mudah bergaul, neurotik dan teliti, serta harga diri dan narsisme.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa pengguna cenderung menulis status sesuai dengan ciri-ciri kepribadian mereka.

Orang neurotik yang terkenal sangat 'moody' cenderung mencari bentuk pertemanan dengan orang lain yang tak didapatkannya di dunia nyata.

Ketika mendapat banyak 'like' dan komentar, mereka merasa sangat senang telah menjadi bagian dunia sosial. Jika tidak, mereka merasa dikucilkan.

Pemilik pribadi ekstroversi sangat senang dengan kehadiran Facebook. Mereka menganggapnya sebagai cara yang tepat untuk lebih terlibat secara sosial dan selalu menulis status tentang aktivitas sosial mereka.

Orang ekstroversi kurang terlalu peduli dengan 'like', mereka lebih termotivasi oleh interaksi dengan pengguna lainnya.

" Mungkin ini sedikit mengejutkan bahwa meng-update status di Facebook mencerminkan ciri-ciri kepribadian penulisnya," kata Tara Marshall dari Universitas Brunei dikutip Dream dari Daily Mail, Selasa 26 Mei 2015.

Dan berikut ini hasil pengamatan Tara mengenai sifat pengguna Facebook yang bisa dibaca dari tulisan statusnya:

 

(Ism) 

1 dari 4 halaman

Pemilik Sifat Narsisme

Dream - Orang dengan sifat ini cenderung menulis status tentang pencapaian yang didapat, entah itu diet atau olahraga yang mereka lakukan.

Mereka mencari perhatian dan pengakuan yang diukur dengan banyaknya 'like' yang didapat. Semakin banyak like yang didapat, orang dengan tipe ini makin bersemangat menulis status tentang pencapaiannya.

2 dari 4 halaman

Pemilik Sifat Terbuka, Ingin Tahu dan Kreatif

Dream - Mereka yang memiliki sifat terbuka, ingin tahu dan kreatif selalu menulis tentang keyakinan politik mereka dan topik-topik intelektual.

Mereka tidak mencari interaksi sosial. Mereka lebih banyak berbagi informasi yang sifatnya non-personal seperti isu terkini dan penelitian.

3 dari 4 halaman

Pemilik Sifat Teliti

Dream - Mereka jarang menulis status di Facebook dan lebih memperhatikan bagaimana reaksi teman-teman mereka membaca status mereka. Jika menulis status, kebanyakan mereka bercerita tentang anak-anak mereka.

4 dari 4 halaman

Pemilik Sifat Rendah Diri

Dream - Mereka paling hobi menulis tentang hubungan romantis dengan pasangannya. Hal ini menandakan motivasi mereka untuk mengatasi rasa tidak aman dan menunjukkan kepada orang lain bahwa hubungan mereka baik-baik saja.

Tentu saja status mereka kurang menerima banyak 'like' dan membuat mereka terlihat kurang menyenangkan.

Beri Komentar