Tahera Rahman, Reporter Berhijab Pertama di TV AS

Reporter : Rizki Astuti
Kamis, 22 Februari 2018 14:14
Tahera Rahman, Reporter Berhijab Pertama di TV AS
Perjuangan Tahera untuk menjadi reporter tidaklah ringan. Dia sering ditolak melamar kerja karena hijabnya.

Dream - Sejak kemunculannya di layar kaca pada Jumat pekan lalu, Tahera Rahman, menjadi pusat perhatian publik Amerika Serikat. Tahera merupakan hijaber pertama yang menerjuni profesi sebagai reporter berita di Negeri Paman Sam tersebut. 

Reportase pertama Tahera tayang di stasiun televisi jaringan CBS, Local 4 News, dengan tema penggalangan dana untuk klinik kesehatan di Quad City, kota di perbatasan Illinois dengan Iowa.

" Melepaskan hijab mungkin akan mempercepat prosesku mendapatkan posisi dan karier seperti ini. Tapi, aku pikir itu bukanlah sesuatu yang layak untuk dikorbankan," ujar Tahera, dikutip Quad City Times.

tahera rahman© Instagram @taheratv

Tahera yang sudah berhijab sejak kecil ini memang bercita-cita menjadi jurnalis. Dia merupakan lulusan Departemen Jurnalistik dari Loyola University Chicago 2013.

1 dari 2 halaman

Sempat Ditanya Mau Lepas Hijab Atau Tidak

Saat magang di CBS Evening News, produser pernah berkata pada Tahera akan sulit menjadi reporter jika berhijab. Sang produser sempat bertanya apakah Tahera rela melepas hijabnya.

Dengan tegas Tahera menjawab tidak. Kemudian produsernya menjawab, " Siap-siap untuk berulang kali berkata tidak" .

Tahera beberapa kali melamar pekerjaan sebagai reporter dan selalu berujung penolakan. Meski begitu, Tahera tak patah arang dan menganggap hijabnya sangat berarti.

 

A few months ago, Tiffany Lundberg, one of our anchors, called me into a meeting with our news director, Mike Mickle. This is the story she pitched. At first, I was hesitant because I'd never been so public with my dream. In fact, I had never shared my " journey" with anyone before, and I felt vulnerable. But when Tiffany talked about watching me work over the years and finally getting within reach of that moment, she started tearing up. Right there in our news director's office. I knew there couldn't be anyone better to tell my story of becoming a storyteller. She did not disappoint. Thank you, Tiffany, for putting so much work into this. Hello, world. My name is Tahera Rahman and this is my story. (Full link in bio)

A post shared by Tahera Rahman (@taheratv) on

" Aku sudah melakukan banyak hal yang aku inginkan dalam hidupku dengan memakai hijab dan aku tidak pernah merasakan hijab itu membatasi apapun," ungkap Tahera.

2 dari 2 halaman

Diapresiasi Banyak Kalangan

Perjuangannya tak sia-sia. Akhirnya pembaca berita malam di Local 4 News, Tiffany Lundberg menceritakan reportase Tahera kepada dunia.

Di momen itu, Lundberg mengumumkan Tahera sebagai reporter full time Muslim pertama yang mengenakan hijab di tv mainstream Amerika.

Video itupun viral setelah diunggah di Facebook. Video tersebut dibagikan lebih dari 7.000 kali dan ditonton jutaan orang. Tahera mendapat apresiasi positif baik dari kalangan Muslim dan non-Muslim.

Beri Komentar