Tips dan Trik Jitu untuk Menjaga Kesehatan Saat Umroh

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 21 Januari 2019 14:11
Tips dan Trik Jitu untuk Menjaga Kesehatan Saat Umroh
Sebab letak geografis yang berbeda, membuat iklim di Arab Saudi tak sama dengan Indonesia.

Dream - Menjaga kesehatan penting diterapkan setiap waktu. Bukan saja saat sedang di rumah, tetapi menjaga kesehatan juga perlu diterapkan saat sedang bepergian jauh, seperti umroh.

Apalagi letak geografis yang berbeda, membuat iklim di negara Timur Tengah, seperti Arab Saudi tak sama dengan Indonesia.

Jika tidak dijaga sendiri, yang ada kesehatan justru akan terganggu. Secara tak langsung, hal itu pun akan merembet pada kelancaran ibadah umroh, bukan? Makanya, agar kesehatan saat umroh tetap terjaga, beberapa tips dan trik berikut ini dapat diterapkan.

Siapkan Masker

Hembusan angin di kawasan gurun tak saja menyapu pasir beterbangan, tetapi juga berpotensi menyebarkan beragam kuman sumber penyakit. Demi mengantisipasi gangguan kesehatan yang tak diinginkan selama umroh, usahakan untuk selalu menggunakan masker.

Jika bisa, gunakan masker yang sudah dilengkapi antiseptik, sehingga bisa memberikan perlindungan lebih optimal.

Selalu Mencuci Tangan

Hal lain yang juga perlu diterapkan adalah rajin mencuci tangan. Mungkin di beberapa lokasi umum, ketersediaan air untuk cuci tangan ini cukup sulit, maka sebagai ganti bawa saja tisu basah dan tisu kering.

Perlengkapan seperti hand-sanitizer juga bisa dibawa. Setidaknya dengan beberapa perlengkapan tersebut, kebersihan tangan terutama sebelum menyentuh makanan dan minuman bisa tetap terjaga.

Perbanyak Minum Air Zam-Zam

Di Mekkah ada sumber mata air zam-zam yang tak hanya disucikan, tetapi juga tersedia cuma-cuma untuk diminum, termasuk para jemaah umroh. Bawalah tempat minum sendiri yang bisa diisi ulang.

Dengan begitu, sepanjang melakukan rangkaian ibadah umroh, bisa meminum air zam-zam kapan saja.

Jaga Pola Makan dan Istirahat

Selain menjaga kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi, menjaga pola makan selama umroh penting dilakukan. Kurangi makan makanan berminyak, berlemak dan berasa pedas berlebihan, agar tak menimbulkan beragam masalah kesehatan.

Sebaliknya, perbanyak asupan buah dan sayuran sebagai penyeimbang sajian bergizi selama umroh. Saat tidak melakukan rangkaian ibadah umroh, lebih baik manfaatkan waktu luang untuk beristirahat. Dengan begitu stamina tubuh tetap terjaga sepanjang melakukan umroh hingga tuntas.

Siapkan Perlengkapan Kebersihan Tubuh

Bahan yang berbeda kadang membuat tubuh setiap orang barangkali tidak bisa menggunakan produk kebersihan sembarangan, termasuk shampoo. Produk kebersihan khusus rambut itu pun penting dibawa selama umroh.

Sebab, cuaca yang terik ditambah kelembapan yang tinggi rentan memunculkan masalah pada rambut, seperti gatal-gatal maupun problem rambut lepek.

Maka dari itu, agar rambut tetap sehat selama umroh, gunakan shampoo terbaik yang bisa membuat rambut fit luar dalam, seperti varian Wardah Shampoo terbaru. Dengan inovasi terbaru, Wardah Hair Innovation menghadirkan Wardah Shampoo Hairfall Treatment, Anti Dandruff, Nutrishine, serta Daily Fresh.

Terobosan baru berupa paduan bahan alami dan scentlock fragrance ­yang terkandung di dalamnya membantu mengurangi masalah rambut rontok, ketombe, sekaligus menjaga tetap wangi seharian ketika tertutup maupun terbuka.

 wardahbeauty

Menariknya lagi, dengan membeli Wardah Shampoo yang kamu sukai, kamu juga berkesempatan umroh gratis bareng ibumu. Caranya dengan ikutan challenge #MomenBersamaIbu di Instagram.

Tak sulit kok, kamu hanya perlu menyimpan struk pembelian New Wardah Shampoo, foto dan DM ke @dreamcoid. Bagikan momen terbaikmu bareng ibu dalam caption. Gunakan hashtag #MomenBersamaIbu dan #WardahShamphoo. Share cerita terbaikmu sebelum 22 Januari 2019 berakhir, ya.

Semoga berhasil!

Beri Komentar
Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri