AMSI Kecam Keras Peretasan Situs Tempo.co

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 12 Mei 2017 10:17
AMSI Kecam Keras Peretasan Situs Tempo.co
Tempo.co merupakan media yang kredibel dalam menerapkan asas jurnalisme yang benar.

Dream - Situs berita nasional Tempo.co sempat mengalami peretasan oleh orang yang tidak dikenal pada Rabu, 10 Mei 2017. Peretasan itu tidak hanya merugikan bagi media pemilik situs tersebut, melainkan masyarakat luas.

Ketua Presidium Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut mengecam keras aksi peretasan tersebut. Tidak hanya itu, dia juga mengecam aksi adu domba yang menunggangi peretasan tersebut.

" Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), mengecam keras peretasan atas media ini, serta upaya adudomba yang dipajang peretas pada halaman muka situs itu," ujar Wens melalui keterangan tertulis diterima Dream, Jumat, 12 Mei 2017.

Wens melanjutkan publik telah dibuat kehilangan sumber berita dari media yang kredibel. Sementara bagi Tempo.co, Wens menilai media ini harus menderita kerugian seperti kehilangan pembaca dan potensi bisnis.

" Upaya peretasan ini membunuh hak publik untuk mengakses informasi yang disajikan oleh media itu," kata dia.

Tempo.co merupakan media yang kredibel dalam menerapkan asas jurnalisme yang benar. Kredibilitas itu tertuang dalam setiap tahapan kerja dalam memproduksi berita.

" Segala keberatan terhadap konten yang dipublikasikan, cara terbaik adalah menempuh mekanisme yang sudah ditentukan oleh Undang-undang Pers Nomor 40 Tahun 1999," ucap Wens.

Lebih lanjut, Wens menyatakan peretasan dan adu domba yang terjadi sangat mengganggu kenyamanan para pengelola media, sekaligus publik. Dia pun mendesak Polri agar segera menangkap pelaku peretasan.

" AMSI juga mendesak Polri untuk memburu para pelaku dan menindaknya sesuai dengan hukum yang berlaku di negara ini," kata Wens secara tegas.(Sah)

 

Beri Komentar