CONNECT WITH US!

Baznas Buat Inovasi Sedekah, Cukup Lewat Ponsel

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an | Rabu, 16 Mei 2018 19:00
Deputi Baznas, Arifin Purwakananta Dan Director Go-Pay, Budi Gandasoebrata (Foto: Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafi'an )
Masyarakat juga dapat bersedekah menggunakan uang elektronik.

Dream - Menyambut bulan Ramadan 1439 Hijriah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerja sama dengan Pt Gojek Indonesia mengembangkan sedekah menggunakan Go-Pay.

Deputi Baznas, Arifin Purwakananta, mengatakan, apabila masyarakat ingin bersedekah menggunakan Go-Pay cukup scan QR Code yang sudah tersebar di stasiun kereta api di wilayah Jabodetabek, mal, gerai di perkantoran, billboard, serta di dalam kereta komuter.

" Kami melihat momentum bulan suci Ramadhan sebagai momentum yang pas dan baik untuk memperkenalkan donasi non-tunai melalui QR Code," ujar Arifin di Kantor Baznas Wisma Sinca, Jakarta, Rabu, 16 Mei 2018.

 Peluncuran Scan QR sedekah zakat

Sementara, Managing Director Go-Pay, Budi Gandasoebrata, berujar, pengguna Go-Pay bisa melakukan sedekah cukup dengan menggunakan menu Scan QR yang ada di aplikasi Go-Jek. Setelah memilih menu tersebut, pengguna Go-Pay tinggal memindai kode QR milik Baznas yang ada di berbagai lokasi di Jabodetabek.

" Kalau misalkan target intinya sebanyak mungkin, ini inisatif pertama kali QR Code buat kita," ujar Budi.

Dia menambahkan, peningkatan dana sedekah pada Ramadan tahun lalu sebesar 60 persen. Untuk itu, ia berharap masyarakat bersedekah menggunakan Go-Pay tidak hanya di bulan Ramadan saja, tapi dapat berlanjut di bulan-bulan lain.

" Kami bekerjasama dengan Baznas karena sebagai lembaga negara resmi untuk menyalurkan sedekah dan zakat," kata dia.

Selain menggunakan Go-Pay, masyarakat yang ingin bersedekah ke Baznas bisa menggunakan, m-cash, t-cash, easypay, uang elektronik serta melalui e-commerce Lazada dan Shopee. Masyarakat juga bisa juga menggunakan transfer ATM, mobile banking, internet banking, SMS banking untuk berdonasi.

Baznas menargetkan dana zakat yang diperoleh pada Ramadan tahun ini sebanyak Rp3 triliun dari total target 2018 Rp8 triliun.

Tips Bibir Anti Kering Selama Puasa