Jejak Gerakan Freemansonsory di Bandung

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 17 Juni 2019 16:00
Jejak Gerakan Freemansonsory di Bandung
Bung Hatta pernah ditawari beasiswa oleh kelompok ini.

Dream - Iluminati dan Freemanson marak menjadi perbincangan di media sosial. Kemunculan dua nama gerakan `rahasia` itu karena disinggung dalam ceramah Ustaz Rahmat Baequni.

Berawal dari keramaian di media sosial itu, sekelompok orang yang tergabung dalam tur wisata sejarah Komunitas Aleut menemui seorang perempuan lanjut usia yang menjadi saksi keberadaan Freemansonry di Bandung, Jawa Barat.

Perempuan sepuh itu bernama Soejati. Rumah pensiunan guru SMAN 3 Bandung itu memang terletak di samping lokasi gerakan Fremanson, yaitu Rumah Kentang atau dahulu disebut Loji Hermes.

Dilaporkan Liputan6.com, loji tersebut aktif menyelenggarakan kegiatan Freemanson di Hindia Belanda. Di lokasi itu, kata Soejati, para anggota Freemanson berdiskusi dan belajar mengenai ilmu-ilmu yang berguna bagi masyarakat.

" Ada ilmu dari Mesir Kuno, Mesopotamia. Jadi kalau mau anggota harus tahu diri kita sendiri sampai di mana. Orang yang bukan anggota tidak boleh masuk, mereka yang bisa memasuki wilayah hanya anggota," kata Soejati.

2 dari 2 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Ayu Tingting, Kisah Masa Kecil dan Resiko Jadi Populer