Dante Saksono Harbuwono, Wamenkes Pakar Molekular Diabetes Pertama Indonesia

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 23 Desember 2020 15:03
Dante Saksono Harbuwono, Wamenkes Pakar Molekular Diabetes Pertama Indonesia
Dante punya banyak prestasi.

Dream - Dante Saksono Harbuwono, nama sosok muda yang punya banyak prestasi. Di antaranya dokter muda, pemegang PhD usia muda, plus pakar Molekular Diabetes pertama di Indonesia.

Dokter jebolan Universitas Indonesia ini dipercaya Presiden Joko Widodo untuk menduduki jabatan sebagai Wakil Menteri Kesehatan. Dia mendampingi Budi Gunadi Sadikin bertugas sebagai Menkes baru.

Dante lahir di Temanggung, 23 Maret 1973. Dia meraih gelar PhD bidang Diabetes Molekular dari University Yamanashi pada 2008.

 

1 dari 1 halaman

Jejak Prestasi

Selain berpraktik, Dante juga tercatat sebagai anggota asosiasi kedokteran. Di antara Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (Papdi), juga Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni).

Di Perkeni sendiri, Dante duduk di jajaran Pengurus Besar. Dia juga memegang posisi sebagai Ketua Perkeni Jakarta Raya.

Sedangkan di luar dunia kedokteran, Dante dipercaya sebagai Wakil Ketua Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia.

Prestasi lain, Dante kerap mendapatkan penghargaan. Di antaranya Tajima Awards, Epidemiology of Diabetes pada 2008. Juga Takeda Science Foundation Awards pada 2013.

Beri Komentar