Debat Capres 2019, Jokowi Rancang Pemerintahan Dilan

Reporter : Syahid Latif
Sabtu, 30 Maret 2019 20:46
Debat Capres 2019, Jokowi Rancang Pemerintahan Dilan
Apa maksud pemerintah Dilan yang disampaikan Jokowi?

Dream - Joko Widodo, Calon Presiden Nomor Urut 01 menyiapkan sebuah program pemerintahan Dilan jika terpilih menjadi Presiden masa jabatan 2019-2014. Konsep pemerintah Dilan yang diusungkan adalah singkatan dari Digital Melayani.

" Di depan diperlukan pemerintahan Dilan. Digital Melayani," ujar Jokowi, sapaannya dalam Debat Keempat Capres Pilpres 2019 yang mengusung topik ideologi, pemerintahan, keamanan, dan hubungan internasional kali ini, di Hotel Shangri-la, Jakarta, Sabtu, 30 Maret 2019.

Jokowi mengatakan pemerintah Dilan yang akan diusungnya tersebut akan diwujudkan melalui empat program. Pertama dimulai dengan reformasi dalam pelayanan publik yang mengedepankan penggunaan elektronika, penajaman dan penyederhanaan kelembagaan.

Dua program di bidang pemerintahan lain adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia aparatur negara serta reformasi tata kelola.

Untuk bidang ideologi, Jokowi menegaskan akan tetap menjunjung Pancasila sebagai ideologi negara.

" Menjadi kewajiban kita untuk menjaga, mreawat, dan menjalankan Pancasila dan kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Sementara di bidang pertahanan, Jokowi mengakui jika saat ini dibutuhkan peningkatan kualitas SDM TNI. Para aparat TNI perlu meningkatkan penguasaan di bidang teknologi persenjataan dan cyber. " Ke depan peran teknologi berperan besar," ujarnya.

Dalam politik luar negeri, Jokowi menegaskan akan tetap mempertahankan politik bebas aktif yang selama ini telah dipegang Indonesia. (Sah)

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie