Diserang Hoax, Gus Mus: Karena Politik, Tega Buat Video Editan Seperti Ini

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 2 April 2019 09:00
Diserang Hoax, Gus Mus: Karena Politik, Tega Buat Video Editan Seperti Ini
Si pembuat video telah minta maaf.

Dream - Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh, Rembang, KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) menyesalnya munculnya video fitnah yang ditujukan kepadanya. Lewat akun Instagram pribadi, @s.kakung, Gus Mus menegaskan video tersebut merupakan hasil editan.

Dalam video itu, tampak pidato Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02, Ma'ruf Amin, yang sedang berpidato. Ma'ruf menyampaikan penjelasan pembangunan infrastruktur di era Presiden Joko Widodo.

"Bahkan sekarang sudah bikin tol, tol darat, tol laut, tol udara, tol langit juga ada," kata Ma'ruf dalam video itu.

Adegan selanjutnya memperlihatkan wawancara Gus Mus yang menyoroti tentang kehidupan para kyia. Potongan adegan itu dipasang seolah-oleh Gus Mus mengomentari video Ma'ruf Amin.

"Itu jelas ada yang soak itu, ndak waras itu karena apa? Karena berlebih-lebihan," kata Gus Mus.

1 dari 2 halaman

Video Asli Soal Topik yang Dibahas Gus Mus

Sesungguhnya, komentar yang disampaikan Gus Mus tersebut tak berkolerasi. Di Instagram, Gus Mus menyebut video tersebut penuh rekayasa.

" Gara-gara kepentingan politik sesaat, ada manusia yang tega membuat editan seperti ini. Rekayasa keterlaluan semacam ini sama sekali tidak sebanding dengan keuntungan politis, kalau memang ada, yang akan diperoleh dan dinikmatinya," tulis Gus Mus.

Gus Mus, pun berharap si pembuat video rekayasa tersebut segera mendapat hidayah dari Allah. " Bila yang membuat rekayasa ini manusia beriman, semoga Allah memberi hidayah dan kesejahteraan hidup yang cukup," kata dia.

Video Gus Mus yang ditayangkan itu merupakan hasil wawancara sebuah media dan diunggah ke Youtube pada 9 Maret 2019 dengan judul Blak-blakan Gus Mus, Pemilu Bukan Perang Badar.

Video Gus Mus itu sebetulnya berbicara mengenai kondisi politik identitas dan Islam dalam pemilu 2019. Namun kemudian dipotong dan digabungkan seolah mengomentari pidato KH Ma'ruf Amin.

2 dari 2 halaman

Pengunggah Video Minta Maaf

 Permintaan maaf pembuat video (Foto: Instagram/@shenall.ap)Permintaan maaf pembuat video (Foto: Instagram/@shenall.ap) © Instagram

Permintaan maaf pembuat video (Foto: Instagram/@shenall.ap)

Akun pengunggah video tersebut yaitu @shenall.ap. Di Instagram pribadinya, video tersebut sudah tak terlihat. Setelah video tersebut viral karena diunggah Gus Mus, pemilik akun tersebut meminta maaf.

" Buat saudara-saudaraku yang kecewa dengan postingan ana saya minta maaf. Kalau ada yang bisa saya hubungi supaya permohonan maaf saya bisa sampai ke @s.kakung," tulis dia.

Beri Komentar
Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam