Detik-detik Hari Tanpa Bayangan, Antisipasi Bahayanya

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 21 Maret 2018 10:35
Detik-detik Hari Tanpa Bayangan, Antisipasi Bahayanya
Selain tabir surya, masyarakat diminta untuk perbanyak konsumsi air putih.

Dream - Siang ini, Rabu 21 Maret 2018, beberapa kota di Indonesia akan mengalami fenomena hari tanpa bayangan. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyebut fenomena itu akan terjadi sekitar pukul 11.55 WIB.

Fenomena hari tanpa bayangan pada dasarnya merupakan bagian dari gerak itar bumi terhadap matahari. Fenomena ini terjadi karena matahari berada tepat di atas garis ekuator.

Paparan sinar matahari yang terlalu dekat dikabarkan akan memberikan kondisi berbahaya bagi kulit. Oleh sebab itu, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Indriyati Solo, Ivony Moesa, menyarankan warga yang aktif di luar ruangan menggunakan pelindung fisik.

" Harus ditutupi apapun biar (sinar) mataharinya tidak langsung mengenai kita," ucap Ivony.

Selain menutupi area tubuh, Ivony juga menyarankan masyarakat menggunakan sunblock atau tabir surya. Penggunaan tabir surya untuk menghindari kulit dari paparan sinar matahari yang memantul.

" Pantulan dari bawah juga bisa mengenai muka kita. Jadi, harus pakai sunblock," ucap dia.

Untuk menghindari dehidrasi, Ivony menyarankan agar masyarakat mengonsumsi minuman. " Terpenting harus lebih banyak minum air biar tidak dehidrasi," ucap dia.

Sumber: Liputan6.com/Aditya Eka Prawira

 

Beri Komentar
Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim