CONNECT WITH US!

Haruskah Sholat Tepat Menghadap Kiblat?

Reporter : Ahmad Baiquni | Senin, 17 Juli 2017 20:01
Menghadap kiblat merupakan salah satu syarat sahnya sholat.

Dream - Sudah menjadi kesepatan jumhur atau mayoritas ulama, salah satu syarat sah sholat adalah menghadap kiblat. Artinya, jika ketentuan ini dilanggar, maka dapat dikatakan sholat yang dikerjakan seseorang tidak sah.

Tetapi, muncul pertanyaan mengenai kata 'menghadap kiblat'. Istilah ini dapat menimbulkan makna menghadap persis ke posisi bangunan fisik Kabah (ainul kabah) atau sekadar menghadap ke arah Kabah (jihatul kabah).

Di antara dua makna ini, mana yang tepat untuk diikuti?

Mengutip rubrik Syariah Nahdlatul Ulama, tentu merupakan hal yang mudah untuk menghadap persis ke bangunan Kabah bagi mereka yang sholat di Masjidil Haram. Tetapi, hal itu tidak terjadi bagi mereka yang berada di luar Arab Saudi.

Bahkan, butuh pengetahuan khusus bagi mereka untuk bisa mengetahui posisi tepat Kabah. Tidak hanya itu, mereka harus memanfaatkan sejumlah alat agar bisa sholat menghadap Kabah.

Terkait perkara ini, para ulama kecuali Imam Syafi'i berpandangan umat Islam cukup menghadap ke arah kiblat ketika mendirikan sholat dan tidak harus persis ke fisik Kabah.

Meski Imam Syafi'i tidak termasuk dalam kelompok ini, salah satu ulama Mazhab Syafi'iyah, Abdurrahman Ba'alawi dalam kitab Bughyah Al Mustarsyiddin membolehkan sholat sekadar menghadap ke arah kiblat bila tidak mengetahui tanda-tanda pasti tentang letak Kabah.

" Cukup menghadap arah (Kabah ke barat saja, misalnya) adalah saat tidak mengetahui tanda-tanda keberadaan bentuk fisik Kabah (a'inul kabah). Orang yang mampu mengetahui Kabah bila diandaikan bisa dihasilkan dengan berijtihad, maka ia tidak cukup menghadap arah saja secara pasti (tanpa khilafiyah). Tidak ada yang mendorong ulama yang membolehkan menghadap ke arah Kabah melainkan mereka memandang bahwa menghadap Kabah dengan berijtihad itu sulit dilakukan."

Pendapat ini memberikan toleransi bagi mereka yang memiliki keterbatasan pengetahuan tentang lokasi persis Kabah. Dengan begitu, orang yang bersangkutan cukup sholat dengan menghadap ke arah Kabah.

Selengkapnya... (ism) 

#KapanLagiKepo - Joko Anwar Ingin Jadi Leonard Cohen