Heboh! `Shalawat` Sambut Pengungsi Suriah di Kanada

Reporter : Syahid Latif
Senin, 14 Desember 2015 16:44
Heboh! `Shalawat` Sambut Pengungsi Suriah di Kanada
Lagu ini dinyanyikan paduan suara anak-anak Kanada untuk menyambut pengungsi Suriah.

Dream - Sebuah video paduan suara anak-anak Kanada membuat heboh jagat maya. Menyambut ratusan pengungsi Suriah, anak-anak ini menyanyikan lagu shalawat Tala' Al-Badru Alayna.

Syair ini merupakan nyanyian dari para sahabat yang menyambut Nabi Muhammad SAW saat kembali ke Mekah usai hijrah dari Madinah.

Mengutip laman dailysabah.com, Senin, 14 Desember 2015, video itu menampilkan anak-anak berusia sekitar 8-12 tahun yang menyanyikan lagu tersebut. Mereka bernyanyi diiringi suara piano.

Peserta paduan suara Kanada itu juga terdiri dari berbagai etnis yang seolah menunjukan Kanada sebagai negara multikultural.

Kanada selama ini memang menjadi unsur multibudaya sebagai nilai-nilai berharga bagi negaranya. Mereka juga sangat menghormati hak asasi manusia.

Seperti diketahui, sebanyak 161 pengungsi asal Suriah akhirnya diterima di Kanada. Untuk pertama kalinya mereka bertemu dengan kerabat yang tak pernah mereka kenal.

Sejumlah pejabat dan menteri Kanada seperti Melanie Joly dan John McCallum, bahkan menyambut kedatangan para pengungsi tersebut.

Ini merupakan gelombang pertama arus pengungsi Suriah yang akan mendarat di Kanada. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berencana menampung 25 ribu pengungsi Suriah hingga akhir Februari 2015.

Provinsi Quebec sendiri akan menampung 3.650 pengungsi hingga akhir Desember 2015. Dan total 7.300 orang hingga akhir 2016. Montreal bakal menjadi penampung terbanyak bagi warga pendatang ini.

Inilah video paduan suara anak-anak Kanada yang sempat membuat heboh jagat maya:

(Ism) 

 

1 dari 5 halaman

Indahnya Shalawat Nabi Dinyanyikan Biduan Eropa

Dream - Biduan Eropa ini melantunkan Shalawat Nabi Muhammad SAW dengan indahnya. Penyanyi ini tampil mewakili sekolahnya dari Madrasa of Haji Shamia yang terletak di Kota Shkodra, Albania. Penyanyi itu diiringi gadis-gadis cantik pelajar sekolah menengah yang sama. 

Penampilan itu hanya disaksikan para penonton wanita. Penonton yang hadir tampak terkesima. Bahkan setelah diunggah di jejaring sosial video Youtube, video ini telah ditonton lebih dari 2,6 juta kali. 

Saksikan dan dengarkan lantunan indah Shalawat Nabi selengkapnya disini :  

2 dari 5 halaman

Makin Cantik dengan Dzikir dan Shalawat

Dream - Setiap wanita ingin memiliki wajah bersinar. Tidak sedikit yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk berbagai perawatan. Namun tidak dengan wanita cantik yang baru empat tahun memeluk islam ini, Isya Jeeperson.

Isya mengaku dengan rutin bershalawat, aura kecantikannya semakin terpancar keluar. " Dzikir, shalawat itu menurutku benar-benar berkhasiat. Wajah rasanya makin cantik dan bersinar, selain itu air wudhu juga membuat wajahku mulus," kata Isya saat ditemui Dream.co.id,Jakarta. 

Isya mengaku memiliki resep khusus untuk perawatan kecantikan tubuh dan wajahnya. Wanita yang berprofesi sebagai penyanyi bergenre pop ini mengaku, menggunakan bahan-bahan tradisional yang mudah didapatkan di pasaran.

" Aku bisa dibilang wanita yang jarang sekali ke salon, malah tidak begitu suka. Aku biasanya pakai beras, gilingan beras yang dicampur dengan susu bubuk dan madu untuk badan dan wajah," kata Isya.

Menurut Isya resepnya tidak memakan biaya dan tenaga yang banyak dibandingkan harus pergi ke salon atau tempat perawatan. " Ini murah sekali tidak sampai ratusan ribu, coba kalau ke salon. Sambil lulur badan atau masker wajah sambil dzikir dan shalawat. Maka aura cantik jadi terpancar deh," ujar Isya. (Ism)

3 dari 5 halaman

Sering Bershalawat di Hari Jumat, Bisa Dekat dengan Rasul

Dream - Shalawat merupakan bacaan doa dan pujian untuk Nabi Muhammad SAW yang memiliki banyak keutamaan dan pahala yang agung. Dalam Alquran dan hadist, banyak perintah agar manusia mengucapkan pujian yang berbunyi Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad wa alihi washahbihi wasallim ini.

Terlebih jika kalimat Shalawat diucapkan setiap hari Jumat, maka manfaat dan keutamaannya menjadi lebih besar lagi. Dalam sebuah riwayat Rasulullah SAW bersabda :

“ Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)

Selain memberikan syafaat saat Yaumil Mahsyar kelak, bershalawat pada hari Jumat juga memiliki keutamaan lain, berikut ini beberapa keutamaan bershalawat pada hari jumat yang dikutip dari buku berjudul Afdhalush Shalawaat 'Alaa Sayyidis syahadaat karangan Syaikh Yusuf bin Ismail An-Nabhan.

Ingin tahu penjelasannya lebih lanjut? Yuk selengkapnya Baca di sini 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini! 

4 dari 5 halaman

Shalawat Badar Bikin Takjub Bos Bank Sentral OKI

Dream - Pembukaan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2014 meninggalkan kesan mendalam bagi para delegasi negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Itu semua karena perhelatan shalawat di acara yang dibuka Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, kemarin malam.

Bagi masyarakat Indonesia, gelaran shalawat Badar dengan kerumunan masa di sebuah lapangan merupakan hal lazim. Namun ternyata tak demikian dengan delegasi dari negara-negara anggota OKI.

Pertemuan Bank Sentral dan Otoritas Moneter Organisasi Kerja Sama Negara-negara Islam (OKI) di Indonesia, memberikan pengalaman berharga bagi para peserta.

Direktur Komunikasi Bank Indonesia Peter Jacobs disela ISEF 2014, Kamis, 6 November 2014 mengatakan, para delegasi mengaku kagum dengan harmoni shalawat badar yang mampu menghadirkan ribuan orang.

Bahkan wakil presiden Islamic Development Bank (IDB) berkelakar, delegasi yang tak hadir bakal menyesal seumur hidup. " Mereka meminta agar acara shalawat badar semalam diadakan lagi," ujar Peter.

Saking kagumnya, delegasi Belgia yang hadir dalam pertemuan kali ini menyempatkan turun dari atas panggung. " Mereka umumnya bertanya, bagaimana bisa menghadirkan orang sebanyak itu untuk acara shalawat badar," tambah Peter.

Tak hanya shalawat Badar, delegasi juga mengungkapkan kekagumannya pada harmoni antara pemerintah, ulama, dan organisasi.

Dalam pembukaan semalam tiga tokoh diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan yaitu Wapres Jusuf Kalla, Gubernur BI Agus Martowardojo, dan ulama Hasyim Muzadi.

Para delegasi kagum dengan kesamaan pemikiran yang ditunjukan para tokoh itu dalam memberikan sambutannya.

Seperti diketahui pertemuan gubernur bank sentral dan otoritas moneter negara OKI baru saja menggelar pertemuan tahunan ke-6 yang digelar di Surabaya, Jawa Timur. Sebanyak 26 dari 57 negara anggota OKI mengirimkan delegasinya. (Ism)

5 dari 5 halaman

Mengenal Bus Shalawat, Tunggangan Jamaah Haji Indonesia

Dream - Jamaah haji Indonesia tak perlu khawatir mencari kendaraan jika ingin bepergian dari pemondokan ke Masjidil Haram. Sebab, pemerintah telah menyiapkan armada bus yang siap mengangkut jamaah haji selama 24 jam. Bus shalawat namanya.

" Kementerian Agama menyiapkan bus shalawat bagi jamaah haji yang akan pergi beribadah ke Masjidil Haram terutama yang jarak antara pemondokan dengan Masjidil Haram sekitar 1.000 meter hingga 3.980 meter," kata Kepala Daerah Kerja Mekah, Endang Jumali, dikutip Dream dari laman Kementerian Agama, Jumat 5 September 2014.

Menurut Endang, transportasi bus shalawat tersebut dibagi dalam 12 rute. Masing-masing rute ditempeli stiker besar yang berisi bendera merah putih, nomor, nama rute serta tujuannya.

Bagi jamaah haji yang ingin berjalan kaki ke Masjidil Haram, jarak yang ditempuh sekitar 2.000 meter, namun jika menggunakan bus shalawat jarak yang ditempuh menjadi lebih jauh karena untuk bus harus memutar.

Untuk rute Aziziah Janubiah ke Mahbasin dengan stiker berwarna biru, Aziziah Syimaliah ke Mahbasjin dengan stiker warna kuning, Syisyah Raudhah ke Mahbasjin dengan stiker warna merah, Mahbasjin ke Bab Malik dengan stiker warna putih.

DarivSyisyah ke Al Ghaza dengan stiker warna ungu, Raudhah ke Al Ghaza dengan stiker warna violet, Maabah ke Al Ghaza dengan stiker warna biru, Reidzkahir ke Al Gaza dengan stiker warna abu-abu, dan Utaibiyah/Jarwal – Al Ghaza dengan stiker warna jingga.

Sementara dari Biban atau Syari Mansyur ke Al Ghaza dengan stiker warna hitam, Syari Mansyur ke Al Ghaza dengan stiker warna hijau, dan Bhakhutmah - Nakkasah ke Al Ghaza dengan stiker warna oranye.

Untuk bus yang membawa jamaah haji dengan rute dari pemondokan ke Mahbasjin, jamaah haji harus ganti lagi dengan bus dari Mahbasjin ke Bab Ali. Untuk menjemput atau menurunkan jamaah haji, bus shalawat akan berhenti di halte dekat pemondokan jamaah haji. 

Karena udara panas, maka para jamaah haji yang pergi ke Masjidil Haram di siang hari hendaknya membawa payung atau topi. Di samping itu jamaah haji juga diharapkan membawa bekal air dalam botol untuk bisa diisi ulang dengan air zamzam yang tersedia di dalam masjid,  dan makanan

Beri Komentar
Reaksi Mainaka yang Bikin Nia Ramadhani Menangis