Penampakan Gerhana Bulan di Langit Jakarta, Masya Allah Indahnya

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 17 Juli 2019 12:01
Penampakan Gerhana Bulan di Langit Jakarta, Masya Allah Indahnya
Gerhana bulan terlihat jelas di kawasan Ibukota.

Dream - Gerhana bulan menghias langit Indonesia, dini hari tadi, Rabu, 17 Juli 2019. Tidak hanya di Indonesia, fenomena alam ini juga berlangsung hampir di seluruh dunia.

Di tanah air, warga bisa melihat gerhana bulan ini dengan mata telanjang. Banyak orang tidak ingin melewatkan fenomena alam ini. Mereka berkumpul di titik tertentu guna menyaksikan keindahan gerhana bulan.

Di Jakarta, masyarakat yang ingin menyaksikan gerhana bulan berkumpul di Taman Ismail Marzuki, Cikini. Mereka mengamati gerhana bulan baik dengan mata telanjang maupun menggunakan teleskop yang disediakan oleh pengelola Planetarium.

Selain menyaksikan gerhana, masyarakat mendapat pembekalan dari Planetarium Jakarta. Materi yang disampaikan adalah seputar fase terjadinya gerhana bulan dan ciri-cirinya.

Tak hanya di TIM, sebagian masyarakat juga berkumpul di Taman Lapangan Banteng. Gerhana bulan terlihat cukup jelas di taman ini.

1 dari 5 halaman

Gerhana Bulan di Jakarta

Sebagian warga DKI Jakarta menyaksikan gerhana bulan di Taman Lapangan Banteng. Di taman ini, gerhana bisa terlihat dengan mata telanjang

 Gerhana bulan

(Kredit: KLY)

 Gerhana Bulan

(Kredit: KLY)

 

2 dari 5 halaman

Penampakan Gerhana Bulan 17 Juli 2019

Fase gerhana bulan saat puncak. Terlihat bagian bulang yang bercahaya membentuk sabit.

 Gerhana bulan

(Kredit: KLY)

 

3 dari 5 halaman

Memantau Gerhana

Gerhana bulan yang terjadi dini hari tadi dapat disaksikan dengan mata telanjang. Meski demikian, tidak sedikit orang yang tertarik melihat fenomena alam ini dengan teleskop atau teropong bintang.

 Memantau Gerhana bulan

(Kredit: KLY)

Untuk menyaksikan peristiwa alam ini, Planetarium Jakarta menyediakan beberapa teleskop. Masyarakat memakai teleskop tersebut untuk melihat penampakan bulan secara bergantian.

 menyaksikan gerhana bulan

(Kredit: KLY)

4 dari 5 halaman

Pembekalan Materi di Planetarium

Dalam acara nonton bareng gerhana bulan dini hari tadi, Planetarium juga memberikan pembekalan materi kepada masyarakat seputar gerhana bulan. Materi tersebut di antaranya seperti ciri gerhana bulan tiap fase.

 pembekalan

(Kredit: KLY)

Materi lain yang juga disampaikan yaitu fase apa saja yang akan terjadi selama gerhana bulan berlangsung. Materi ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk pengamatan gerhana

 Penampakan bulan gerhana

(Kredit: KLY)

5 dari 5 halaman

Antusiasme Masyarakat

Gelaran nonton bareng gerhana bulan di Planetarium Jakarta menarik antusiasme masyarakat. Sebagian orang berkumpul di halaman Planetarium untuk menyaksikan bersama detik-detik terjadinya gerhana bulan.

 Gerhana Bulan

(Kredit: KLY)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone