Ini Rute Rekayasa Lalin di Jakarta Malam Tahun Baru

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 30 Desember 2018 16:24
Ini Rute Rekayasa Lalin di Jakarta Malam Tahun Baru
Ada beberapa ruas jalan bakal ditutup besok.

Dream - Ribuan hingga jutaan orang diprediksi memenuhi Jakarta di malam tahun baru nanti. Tak pelak, bakal timbul kemacetan di sejumlah ruas jalan.

Mengantisipasi hal tersebut, Dinas Perhubungan DKI Jakarta menerapkan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas. Pengalihan mulai berlaku pada Senin, 31 Desember 2018 pukul 17.00-24.00 WIB.

" Sebagai upaya memberi kenyamanan bagi masyarakat yang datang serta untuk mengkondisikan lokasi acara dari kendaraan bermotor untuk selanjutnya dilakukan persiapan acara," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub DKI Jakarta Sigit Wijatmoko, dikutip dari Liputan6.com, Minggu 30 Desember 2018.

Sigit mengatakan ada beberapa ruas jalan yang bakal mengalami penutupan. Ruas tersebut yaitu Jalan Majapahit sisi Timur (Simpang Harmoni), Jalan Museum, Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Kebon Sirih (simpang jembatan Serong sampai simpang Jalan Agus Salim), Jalan Wahid Hasyim (simpang Jalan Mas Mansyur sampai simpang Jalan Agus Salim), Jalan Kebon Kacang, Jalan Teluk Betung, dan Jalan Medan Merdeka Barat (sisi barat dan timur).

Jalan lain yang ditutup yaitu Jalan Medan Merdeka Selatan (sisi utara dan selatan), Jalan Jenderal Sudirman (selatan sampai utara ditutup mulai dari depan Gedung BNI 46), Jalan Tanjung Karang (Plaza UOB), Jalan Imam Bonjol, Jalan Sunda, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Medan Merdeka Utara (depan Gedung Pertamina) dan Jalan Veteran 3.

" Selama dilakukan penutupan, lokasi jalan tersebut steril dari lalu lintas kendaraan bermotor dan sepeda (kecuali petugas), serta delman dan gerobak pedagang kaki lima (PKL)," kata dia.

1 dari 2 halaman

Rute yang Dialihkan

Terkait pengalihan arus lalu lintas, Sigit menjelaskan kendaraan dari Harmoni menuju selatan dialihkan melewati Jalan Juanda-Lapangan Banteng-Jalan Pejambon-Jalan Ridwan Rais.

" Selanjutnya kendaraan dari arah Semanggi yang akan menuju ke utara dialihkan melalui melalui Jalan Margono-Joyohadikusumo-Jalan Mas Mansyur atau Jalan Galunggung dan seterusnya," kata dia.

Sedangkan untuk lalu lintas dari barat ke timur dan sebaliknya akan diarahkan melewati Jalan Suryo Pranoto-Jalan Juanda-Jalan Pos-Jalan Gunung Sahari-dan seterusnya. Bisa juga lewat Jalan Tambak-Jalan Sultan Agung-Jalan Galunggung - dan seterusnya.

 

2 dari 2 halaman

Sediakan Kantong Parkir

Sigit juga menjelaskan pihaknya akan menyediakan kantong parkir yang tersebar di beberapa titik. Posisinya ada di Wisma Nusantara dan Hotel Niko, Plaza Indonesia, Wisma Antara, Gedung Jaya, Jakarta Theater, komplek gedung Midplaza, Gedung Prince Center, Plaza Permata, Wisma Nugraha Santana, Menara Thamrin, Menara BNI 46, Grand Indonesia, Plaza UOB, Stasiun Gambir, Gedung Sarinah, Masjid Istiqlal, Gajah Mada Plaza, Perpustakaan Nasional RI, Duta Merline Plaza, Kementerian Perdagangan, Graha Mandiri, The City Tower, Gedung Wisma 46, Menara BDN dan Gedung Artaloka.

" Kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan yang ditutup, menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambup-rambu lalu lintas, dan petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan," kata dia.

Sumber: Liputan6.com/Ika Defianti

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie