Innalillahi, Ketua Uji Klinis Vaksin Sinovac Novilia Sjafri Meninggal Dunia

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 7 Juli 2021 18:57
Innalillahi, Ketua Uji Klinis Vaksin Sinovac Novilia Sjafri Meninggal Dunia
Novilia merupakan inisiator berdirinya bagian Evaluasi Produk yang kemudian berganti nama Uji Klinis di Bio Farma.

Dream - Kabar duka datang dari dunia medis. Ketua Uji Klinis Bio Farma untuk Vaksin Sinovac, Novilia Sjafri Bachtiar, meninggal dunia pada Rabu, 7 Juli 2021.

Kabar ini disampaikan Bio Farma lewat unggahan di media sosial. Pengumuman serupa juga disampaikan oleh kampus tempat mendiang mengabdi, Universitas Padjadjaran.

" Segenap keluarga besar Bio Farma berduka cita atas meninggalnya Dr Novilia Sjafri Bachtiar, dr., M.Kes. Semoga Almarhumah memperoleh tempat terbaik di sisi Allah SWT," demikian pernyataan Bio Farma.

Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad, Dandi Supriadi, mengonfirmasi kabar meninggalnya Novilia. Menurut dia, Novilia meninggal karena Covid-19.

" Beliau terpapar Covid-19 dan meninggal tadi dini hari pukul 2.05 WIB di RS Santosa. Menurut info dari Fakultas Farmasi, beliau sudah dimakamkan di Cimahi, dekat kediamannya dengan protokol Covid-19," kata Dandi

 

1 dari 1 halaman

Sosok Novilia

Sebelum meninggal, Novilia menjabat sebagai Kepala Divisi Surveilans dan Riset Klinis Bio Farma. Dia bergabung dengan perusahaan BUMN bidang farmasi tersebut pada 2001 setelah lulus dari bidang kedokteran.

Meski basis keilmuannya adalah kedokteran, Novilia sangat tertarik menggeluti bidang vaksinologi dan uji klinis. Dia dikenal sebagai perintis bagian Evaluasi Produk pada Bio Farma yang kemudian berganti nama menjadi Uji Klinis.

Bagian ini dibentuk ketika Bio Farma mulai memproduksi berbagai vaksin. Sedangkan tugas bagian ini yaitu melakukan uji klinis terhadap calon vaksin yang diproduksi Bio Farma, dikutip dari Liputan6.com.

Beri Komentar