Kemenkes Siapkan 20.400 Sandal Buat Jemaah Haji

Reporter : Maulana Kautsar
Minggu, 8 Juli 2018 06:00
Kemenkes Siapkan 20.400 Sandal Buat Jemaah Haji
Cuaca panas dapat membuat jemaah haji terserang heatstroke.

Dream - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan sebanyak 204 ribu kacamata gratis untuk musim haji tahun ini. Kacamata yang dibagikan secara gratis itu disiapkan untuk melengkapi alat pelindung diri guna mengurangi risiko kesehatan jemaah haji Indonesia di Tanah Suci.

" Seluruh barang akan disimpan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Mekah dan KKHI di Madinah," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Indonesia, Eka Jusuf Singka, diakses dari laman kemkes.go.id, Jumat, 6 Juli 2018.

Selain kacamata, panitia haji juga menyiapkan 204 ribu payung, 20.400 pasang sandal, 20.400 box masker, 204.000 tas, serta 20.400 penyemprot air (water spray).

Seluruh alat itu, kata Eka, akan dibagikan saat tim promotif preventif Kemenkes bertemu jemaah yang tak dilengkapi dengan peralatan itu. Upaya itu untuk mengantisipasi cuaca panas di Arab Saudi.

Eka menuturkan, pembagian alat-alat itu, karena jemaah haji Indonesia kerap luka meletakkan sandal saat beribadah di Masjid Nabawi atau Masjidil Haram.

" Biasanya mereka (jemaah haji) sandalnya ketinggalan. Bahaya, kaki bisa kepanasan (melepuh)" ujar dia.

Eka mengatakan, suhu rata-rata di Arab Saudi mencapai 53 derajat Celcius. Kondisi ini berdampak pada masalah kesehatan, mulai luka melepuh hingga heatstroke.

" Seperti tahun-tahun sebelumnya, jemaah yang berangkat ke Tanah Suci, mayoritas masuk kategori berisiko (kesehatan) tinggi dan lanjut lanjut usia," kata dia.

Tahun ini, Kemenkes akan mengirimkan sebanyak 1.521 orang Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang akan melayani 507 kloter. Selain itu terdapat 306 orang Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) yang di bidang kesehatan.

(Sah)

Beri Komentar