Misterius! Mulut Mumi Anak Firaun ini Seperti `Menjerit`

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 15 Februari 2018 10:01
Misterius! Mulut Mumi Anak Firaun ini Seperti `Menjerit`
Pangeran Pentawere disebut berusaha membunuh ayahnya, Ramses III.

Dream - Museum Mesir di Kairo memamerkan mumi dengan pose yang sangat tak lazim. Mulut mumi tersebut menganga seolah-olah sedang menjerit. Hingga saat ini misteri mulut menganga mumi itu masih menjadi misteri.

Mumi bernama Pangeran Pentawere ini menjadi daya tarik bagi pengunjung dan ilmuwan.

Tak hanya pose mulutnya, dikutip dari Live Science, beberapa ilmuwan menyebut, mumi tersebut ditemukan dengan tata cara pemakaman yang tidak benar. Selain itu, tak ada cairan balsem untuk mengawetkan tubuhnya.

Orang-orang yang menguburnya lalu membungkus tubuhnya dengan kulit domba, sebuah bahan yang dianggap penting oleh orang Mesir kuno.

Seseorang menempatkan mumi Pentawere di dalam tembolok mumi lainnya di sebuah makam Deir el-Bahari.

 

1 dari 3 halaman

Karena Kesakitan?

Mengenai bentuk mulut menganga itu, ilmuwan belum dapat memberi kepastian. Apakah ada orang yang sengaja membuat mulut Pentawere menganga atau karena kesakitan.

Pentawere merupakan anak lelaki Firaun Ramses III. Dalam catatan ilmuwan, dia disebut pernah berusaha membunuh Ramses III.

Pentawere diadili karena terlibat pembunuhan Ramses III. Berdasarkan Manuskrip Kuno Papirus Yudisial Turin, Pentawere disebut sebagai dalang utama perisitwa pembunuhan pada 1155 Sebelum Masehi itu.

Di dalam persidangan, Pentawere diselamatkan ibunya, bernama Tiye. Pentaware selamat dari putusan pengadilan, tetapi dia akhirnya memutuskan bunuh diri.

Keputusannya bunuh diri inilah yang kini menjadi perdebatan para sejarawan. Belum jelas, apakah Pentawere tewas karena gantung diri atau menenggak racun, atau kombinasi keduanya.

(Sah)

 

2 dari 3 halaman

Patung Firaun Diduga Sosok yang Mengejar Nabi Musa Ditemukan

Dream - Penemuan patung raksasa setinggi 8 meter yang diduga sosok Raja Mesir kuno, Ramses II, membuat heboh warga Kairo, Mesir. Patung tersebut ditermukan di dalam aliran air tanah di sebuah pemukiman padat penduduk. 

Seperti dikutip Dream dari laman thevocket, Senin, 13 Maret 2017, temuan patung raksasa dengan beberapa tulisan hieroglyph ini disebut otoritas Mesir sebagai salah satu temuan arkeologi paling penting.

Lokasi penemuan patung tersebut di Matariya berdekatan dengan lokasi kota kuno Heliopolis. Berdasarkan pendapat arkeolog, kuil pemujaan matahari di kota tersebut dibangun oleh Ramses II.

Temuan itu semakin menguatkan dugaan jika patung yang baru ditemukan memang menggambarkan sosok sang Raja yang tidak lain adalah Firaun paling agung yang memimpin memimpin dari tahun 1279 hingga 1213 sebelum Masehi, atau sekitar 3000 tahun lalu seperti digambarkan dalam Al-Quran.

Mengutip laman nationalgeographic.com.au Ramses II merupakan salah satu raja Mesir, biasa digelari Firaun, yang paling terkenal. Kekuasannya membentang luas dari sebelah timur Suriah menuju selatan Sudan.

Sebagian orang meyakini, jika Ramses II merupakan raja Firaun yang mengejar rakyat Mesir yang mengungsi bersama Nabi Musa.

 

3 dari 3 halaman

Penampakan Patung Firaun Paling Agung

Arkeolog dari Mesir dan Jerman kini tengah bekerja untuk mengangkat patung tersebut dan melakukan restorasi.

Patung yang terbuat dari batu kuarsa ini akan dipamerkan secara resmi di Grand Egyption Museum pada 2018 mendatang.

Dengan penemuan ini, pemerintah Mesir berharap dapat memancing wisatawan yang hilang akibat perang yang terjadi di negri tersebut.

Banyak yang berpendapat masih artefak kuno yang masih tersembunyi disana, dan penemuan ini adalah penemuan paling penting sepanjang dekade ini.

Yuk simak foto-fotonya dibawah ini...

 Patung Ramses II

 Patung Ramses II

 Patung Ramses II

 Patung Ramses II

 Patung Ramses II

 Patung Ramses II

 Patung Ramses II

 Patung Ramses II

 Patung Ramses II

 Patung Ramses II

(Thevocket.com)

 

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik