500 Pengurus MUI Divaksin Covid-19

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 3 Maret 2021 12:00
500 Pengurus MUI Divaksin Covid-19
Vaksinasi digelar sehari mulai pagi hingga sore.

Dream - Majelis Ulama Indonesia menggelar vaksinasi Covid-19 pertama pada Rabu 3 Maret 2021. Sebanyak 500 pengurus mulai pimpinan harian hingga anggota komisi, badan, maupun lembaga pada MUI, menerima suntikan dosis pertama.

" Tujuan vaksinasi ini, pertama, merupakan ikhtiar pencegahan penyebaran Covid-19 sehingga dapat memutus mata rantai penularan. Kedua, ini juga sebagai contoh yang baik bagi masyarakat umum," ujar Sekretaris Jenderal MUI, Amirsyah Tambunan, dalam keterangan tertulis.

Vaksinasi ini dilaksanakan di halaman parkir Gedung MUI di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, dengan pembagian jadwal. Peserta dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 30 orang dan mendapatkan jadwal berbeda dari pagi hingga soren hari.

Buya Amir mengharapkan vaksinasi dapat dijalankan kepada seluruh pengurus MUI daerah setelah dilaksanakan di MUI Pusat. Sedangkan pelaksanaan vaksinasi ditinjau oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

" Harapannya agar Kemenkes dapat memfasilitasi vaksinasi secara lengkap," kata Buya Amir.

1 dari 1 halaman

Sekretaris Tim Nasional Peduli Covid-19 MUI, M Ziyad, menerangkan vaksinasi dilaksanakan oleh tim vaksinator dari Puskesmas Menteng, Rumah Sakit Haji, dan Rumah Sakit Islam Jakarta. Disediakan pula satu mini ICU untuk pengananan kondisi darurat.

" Kami akan membagi gelombang dari peserta vaksin, yang kalau kita hitung menurut penjelasan, satu jam itu ada meja pendaftaran, kemudian ada meja screening, di tempat screening tersebut akan ada 16 pertanyaan terkait riwayat penyakit," kata Ziyad.

Lebih lanjut, dia mengatakan vaksinasi akan berjalan aman karena bagi para penderita penyakit penyerta seperti jantung, asma, darah tinggi, atau stroke untuk berkonsultasi dulu dengan dokter. Jika mendapat persetujuan dari dokter, maka dibolehkan mengikuti vaksinasi.

" MUI melibatkan SDM internal non-media. SDM tersebut dibriefing oleh tim Kementerian Kesehatan," kata Ziyad.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar