Ramai-Ramai Grounded Boeing 737 Max-8

Reporter : Eko Huda S
Selasa, 12 Maret 2019 15:39
Ramai-Ramai Grounded Boeing 737 Max-8
Sejumlah negara menyetop operasional Boeing 737 Max-8. Asosiasi pilot Argentina bahkan menolak terbang dengan pesawat baru tersebut.

Dream - Dunia penerbangan kembali berduka. Pesawat Ethiopian Airlines jatuh saat terbang dari Bandara Internasional Bole menuju Nairobi, Kenya. Sebanyak 149 penumpang dan delapan kru, meninggal dunia.

Pesawat dengan nomor penerbangan ET 302 itu lepas landas dari Addis Ababa pukul 8.33 pagi waktu setempat. Baru tiga menit mengudara, pesawat hilang kontak. Raib dari radar.

Burung besi dengan nomor registrasi ET-AVJ itu jatuh tepat pukul 8.44 pagi waktu setempat. Jet bikinan Amerika Serikat itu terhempas di Bishoftu, kota berjarak 62 kilometer di tenggara ibu negeri Ethiopia.

Dunia makin terbelalak setelah tahu jet nahas itu Boeing 737 Max-8. Setipe dengan Lion Air JT610, pesawat yang jatuh di Tanjung Karawang, Jawa Barat, pada 29 Oktober 2018. Sebanyak 189 orang dalam penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta ke Pangkalpinang meninggal dalam kecelakaan pagi itu.

Tragedi Ethiopian Airlines pada Minggu 10 Maret 2019 tersebut merupakan kecelakaan fatal ke dua yang melibatkan pesawat anyar bikinan Boeing itu. Isu keamanan pada pesawat canggih ini kembali mencuat.

Saat kecelakaan Lion Air JT610 Boeing sudah menjadi sorotan. Pabrikan negeri Paman Sam ini bahkan sempat mengeluarkan petunjuk tambahan untuk Boeing 737 Max-8. Panduan dalam Flight Crew Operating Manual Bulletin (FCOM) ini memperbarui petunjuk sebelumnya.

FCOM berisi informasi tindakan yang harus dilakukan saat pilot mengalami kondisi tertentu karena dugaan akibat erroneous input pada Angle of Attack (AoA) Censor. Buletin ini diterbitkan setelah kecelakaan pesawat Lion Air JT610.

Dalam penyelidikan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memang menemukan adanya masalah sensor pada Angle of Attack pada JT610. Ada perbedaan 20 derajat antara AoA kanan dan kiri.

 

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Pengakuan Saksi Kunci Kecelakaan Maut di Tol Cipali