Sinetron `Bastian Steel Bukan Cowok Biasa` Kena Peringatan!

Reporter : Sandy Mahaputra
Selasa, 14 Oktober 2014 08:28
Sinetron `Bastian Steel Bukan Cowok Biasa` Kena Peringatan!
Sebelumya, KPI menjatuhkan sanksi berupa penghentian sementara tayangan sinetron 'Ganteng-ganteng Serigala'.

Dream - Setelah menjatuhkan sanksi berupa penghentian sementara tayangan sinetron 'Ganteng-ganteng Serigala', Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) juga melayangkan peringatan untuk sinteron 'Bastian Steel Bukan Cowok Biasa'.

Dalam situs resminya, KPI memberikan surat peringatan No 2327/K/KPI/10/14 kepada stasiun televisi RCTI terkait Program Siaran 'Bastian Steel Bukan Cowok Biasa'.

Berdasarkan laporan masyarakat, pemantauan dan hasil analisis, KPI menilai Program Siaran 'Bastian Steel Bukan Cowok Biasa' yang ditayangkan stasiun RCTI pada 19 September 2014 pukul 17.28 WIB, tidak memperhatikan ketentuan tentang perlindungan anak-anak dan remaja.

Program itu menayangkan secara eksplisit adegan seorang remaja wanita berseragam sekolah terjatuh, kemudian diselamatkan oleh Bastian dan nampak berpelukkan dan bertatapan.

Kemudian remaja wanita itu menghina Bastian; " Udah jelek, kribo, kacamata aneh, dekil bau lagi."

KPI Pusat menilai kalimat atau kata-kata itu sangat tidak santun dan tidak pantas untuk diucapkan.

Program siaran dengan klasifikasi R (Remaja) harus mengandung muatan, gaya pencitraan dan tampilan yang sesuai dengan perkembangan psikologis remaja serta berisikan nilai-nilai pendidikan, sosial, budaya dan budi pekerti.

Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan memberikan peringatan agar pihak terkait melakukan evaluasi internal. " Adegan serupa tidak terulang lagi, baik pada program yang sama maupun program lainnya." (Ism)

Beri Komentar
6 Pahlawan Nasional 2018