Curhat Ibu Ani, Bisa Makan Berkat SBY

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 13 Maret 2019 11:00
Curhat Ibu Ani, Bisa Makan Berkat SBY
Ani masih menjalani perawatan intensif.

Dream - Orang yang sedang sakit memang kerap kehilangan selera makan. Tak terkecuali Ani Yudhoyono yang tengah menjalani pengobatan kanker darah di Rumah Sakit National University Hospital Singapura.

Perempuan bernama asli Kristiani Herawati itu juga merasakan kehilangan selera makan. Tubuhnya seolah menolak setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh.

"Saat sedang sakit, badan kita sering menolak makanan," tulis Ibu Ani di Instagram @aniyudhoyono, diakses pada Selasa 12 Maret 2019.

Namun Ibu Ani sadar betul tubuhnya tetap butuh makanan. Sebab, dari makanan itulah tubuh mendapatkan energi. "Agar kita bisa menang melawan sel-sel jahat kanker," kata dia.

Beruntung Ibu Ani punya pendamping setia, Susilo Bambang Yudhyono. Presiden ke enam Indonesia itu selalu memberi semangat kepada sang istri.

"Berkat support dari suami tercinta, makanan pun bisa dikonsumsi," tambah Ibu Ani.

Unggahan tersebut mendapat banyak komentar. Sejumlah netizen memberikan semangat agar Ani dapat sembuh dari sakitnya.

"Semangat ibuuuu... semoga cepat sehat... makan yg banyak yaaa," tulis akun @etrinacahya.

"Semangat selalu ibu Ani, semoga lekas sembuh ibu," tulis @windydhapsari.

"Semangat buuu...semogaaa Allah kasih kesembuhan buat ibu," tulis @hikmayandra.

1 dari 3 halaman

Ani Yudhoyono Dapat Donor Sumsum Tulang Belakang, dari Siapa?

Dream - Kabar melegakan datang dari Mantan Ibu Negara, Ani Yudhoyono yang tengah menjalani perawatan intensif di Singapura karena penyakit kanker darah yang dideritanya.

Sebagai pasien yang sedang menjalani prosedur kemoterapi, Ani Yudhoyono harus menjalani prosedur untuk memperbaiki sel-sel darahnya adalah dengan melakukan transplantasi sumsum tulang belakang.

Untuk bisa dilakukan prosedur tersebut tentu dibutuhkan pendonor yang sehat dan cocok. Rupanya sang adik tercinta, Pramono Edhie Wibowo, bakal mendonorkan sumsum tulang belakangnya.

Hal ini diketahui dari cuitan pengusaha Amal Alghozali di akun Twitter. Ia baru saja menjenguk Ani di Singapura dan berbincang dengan Susilo Bambang Yudhoyono. Mantan Presiden RI itu mengungkap kalau Pramono bakal mendonorkan sumsum tulang untuk Ani.

 

Dengan adanya donor berarti Ani bakal menjalani operasi transplantasi sumsum tulang belakang. Belum diketahui secara jelas kapan operasi bakal dilakukan.

2 dari 3 halaman

Penyebab Pasien Kanker Darah Butuh Transplantasi Sumsum Tulang

Operasi transplantasi merupakan prosedur penggantian sumsum tulang yang rusak dengan sumsum tulang yang sehat. Dokter Dyan Mega Indrawati dari KlikDokter menulis, sumsum tulang yang rusak disebabkan oleh dosis tinggi kemoterapi atau terapi radiasi.

 Jawaban Menohok Ani Yudhoyono Soal Ari-ari Bayi Cucu

Peran dari transplantasi sumsum tulang belakang juga berguna untuk mengganti sel-sel darah yang rusak karena kanker. Pendonor sumsum tulang dapat diperoleh dari orang lain, tetapi lebih didahulukan pihak keluarga terdekat.

Pasien yang menerima donor sumsum tulang sehat akan berdampak kembalinya kemampuan tubuh untuk memproduksi sel-sel darah yang diperlukan.

(Sah, Laporan: Fitri Haryanti/ Liputan6.com)

3 dari 3 halaman

Xanana Gusmao Jenguk Ani Yudhoyono, Perlakuannya ke AHY Disorot

Dream - Presiden pertama Timor Leste, Xanana Gusmao menjenguk Ani Yudhoyono, istri mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di National University Hospital (NUH) Singapura, Minggu, 24 Februari 2019.

Ani mengunggah kunjungan Xanana tersebut ke akun Instagram pribadinya @aniyudhoyono.

"Sebuah persahabatan tidak mengenal batas ruang dan waktu," tulis Ani, Senin, 25 Februari 2019.

Ani mengatakan, SBY dan Xanana punya sejarah persahabatan yang menarik dan unik. Dalam video yang dibagikan, tampak tawa dan canda yang dilemparkan SBY ke Xanana.

Bahkan, Xanana tak segan menguatkan hati Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Xanana tampak menepuk-nepuk dada dan punggung.

"Pak Xanana memukul-mukul dada AHY bagaikan putranya sendiri," ucap dia.

      View this post on Instagram

Sebuah persahabatan tidak mengenal batas ruang dan waktu. SBY dan Bapak Xanana Gusmao mempunyai sejarah persahabatan yang cukup panjang, unik dan menarik. Kemarin beliau datang menjenguk saya di NUH, mendoakan untuk kesembuhan saya. Bapak Xanana menunjukkan keakrabannya kepada SBY dan AHY dengan cara yang unik. Pak Xanana memukul-mukul dada AHY bagaikan putranya sendiri. �� Terima kasih Bapak Xanana.

A post shared by Ani Yudhoyono (@aniyudhoyono) on 

Dilaporkan , sejak 2013 hubungan Xanana dan SBY sempat naik turun. Xanana sempat bertemu SBY di Istana Negara untuk membahas dua isu penting kala itu, batas wilayah Indonesia dan Timor Leste, dan keanggotaan Timor Leste di Asean.

Isu tersebut dibalas SBY ketika berkunjung ke Timor Leste di akhir masa jabatannya 2014. Di masa itu, SBY meyakinkan pemerintah Timor Leste mengenai peningkatan hubungan bilateral di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie