Gelar Pahlawan Gus Dur, Yeni Desak Klarifikasi Pemakzulan

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Kamis, 23 Juni 2016 14:01
Gelar Pahlawan Gus Dur, Yeni Desak Klarifikasi Pemakzulan
Yeni menilai yang terpenting adalah nilai-nilai ajaran Gus Dur tetap dipertahankan.

Dream - Putri Almarhum Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau Yeni Wahid sangat mengapresiasi sahabat Gus Dur dalam mengupayakan adanya gelar kehormatan Pahlawan Nasional. Tetapi, Yeni menilai yang terpenting adalah nilai-nilai ajaran Gus Dur tetap dipertahankan.

" Bagi kami, yang paling penting ajaran Gus Dur tetap dijangkau oleh masyarakat. Namun, memang dengan adanya gelar pahlawan itu kemudian akan mengklarifikasi beragam hal yang masih keliru persepsinya di masyarakat," kata Yeni di Jakarta, Rabu, 22 Juni 2016 kemarin.

Yeni menjelaskan terdapat hal yang perlu diklarifikasi yaitu seputar pelengseran Gus Dur dari kursi Presiden. Menurut dia sebagian masyarakat menganggap pelengseran itu akibat kasus korupsi.

" Gus Dur diturunkan karena DPR pada saat itu tidak setuju Presiden mengajukan calon Kapolri. Nah, DPR dan MPR, Pak Amien Rais mengatakan, ini harusnya konsultasi dulu ke DPR," ucap dia.

" Nah, kemudian dikeluarkanlah keputusan untuk melaksanakan sidang istimewa untuk memakzulkan Gus Dur," kata dia.

Yeni menyebut klarifikasi itu merupakan hal yang sangat penting bagi keluarga Gus Dur. Dengan begitu, masyarakat bisa memahami sosok Gus Dur secara utuh.

" Pak Luhut tadi sudah mengklarifikasi tidak ada korupsi dan pelanggaran konstitusi yang dilakukan oleh Gus Dur," kata Yeni.

Lebih lanjut, kata Yeni, klarifikasi itu harus segera dijalankan. Hal ini untuk menghindari kesalahan dalam memandang sosok Gus Dur akibat dokumen sejarah yang keliru. (Ism) 

Beri Komentar