Amalan Harus Dihindari dalam Surat Al Maun

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 29 September 2018 19:30
Amalan Harus Dihindari dalam Surat Al Maun
Hal yang ditekankan dalam surat ini adalah menolong orang lain.

Dream - Alquran mengandung banyak sekali pelajaran hidup. Sejumlah surat dalam Alquran bahkan memuat perintah dan larangan.

Salah satunya adalah Surat Al Maun. Dalam surat ini terdapat amalan yang diharuskan untuk dihindari bagi setiap Muslim.

Amalan-amalan itu bahkan disebut sebagai pertanda seseorang mendustakan agama.

Surat ini sendiri turun karena perilaku Abu Sufyan kepada anak yatim dan orang miskin, seperti diterangkan Syeikh Wahbah Al Zuhaili.

Dikutip dari bincangsyariah, suatu hari Abu Sufyan sedang menyembelih unta sebagaimana kebiasaannya. Datanglah seorang anak yatim yang meminta sebagian daging tersebut.

Abu Sufyan menolak permintaan anak itu. Dia bahkan sampai memukul anak tersebut. Lalu Allah menurunkan Surat Al Maun kepada Rasulullah Muhammad SAW.

 

1 dari 1 halaman

Amalan Apa Saja?

Amalan yang harus dihindari seorang Muslim yaitu melalaikan sholat. Lalai ini bisa disebabkan beberapa hal yaitu sengaja tidak melakukan sholat, menunda-nunda sholat, atau karena lupa.

Lalai sebab lupa tidak termasuk hal yang dilarang. Ini seperti tercantum dalam sabda Rasulullah Muhammad SAW.

" Tidak diminta pertanggungjawaban dari tiga orang, yaitu orang yang tidur sampai dia bangun, anak sampai dia balig, dan orang gila sampai dia sehat."

Kedua, berbuat riya dalam ibadah. Artinya, melakukan ibadah bukan karena Allah melainkan ingin dipuji.

Ketiga, enggan menolong orang lain. Hal ini merupakan penekanan dalam Surat Al Maun. Ketika seseorang enggan menolong orang lain, maka sama saja dia mendustakan agama.

Selengkapnya...

(ism)

Beri Komentar