Beda Haji dan Umroh, Apa Saja?

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 19 Juli 2018 20:01
Beda Haji dan Umroh, Apa Saja?
Haji maupun umroh dilaksanakan di Tanah Suci.

Dream - Umat Islam di seluruh dunia sebentar lagi memasuki musim haji. Bahkan ada sebagian dari mereka yang sudah berada di Tanah Suci melaksanakan ibadah sembari menunggu waktu haji tiba.

Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi menjadi pusat berkumpulnya para Muslim di seluruh dunia. Dua tempat suci juga dijadikan patokan ibadah bagi mereka yang menjalankan ibadah umroh.

Lantas, jika sama-sama dilaksanakan di Tanah Suci, apa perbedaan antara haji dan umroh?

Dikutip dari bincangsyariah.com, dua ibadah ini memiliki perbedaan yang signifikan. Dari segi waktu misalnya, haji dilaksanakan pada waktu tertentu yaitu mulai awal Syawal sampai Hari Raya Idul Adha pada 10 Zulhijah.

Sedangkan umroh bisa dilaksanakan di luar waktu haji. Waktunya bisa kapan saja, mulai Muharram sampai Ramadan.

Ibadah haji mengharuskan rukun seperti wuquf di Arafah, bermalam (mabid) di Muzdalifah dan Mina, serta melempar jumroh. Sedangkan pada ibadah umroh, cukup berniat untuk umroh, thawaf, sai dan tahallul (memotong rambut) setelahnya seperti ibadah haji.

Mengenai hukumnya, jumhur ulama sepakat haji adalah wajib. Tetapi, ulama berbeda pendapat mengenai umroh dengan sebagian menyatakan wajib sementara sebagian lainnya hanya sunah.

Selengkapnya...

(ism) 

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan