Agar Nisfu Sya`ban Tak Berlalu Begitu Saja

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 29 April 2018 18:03
Agar Nisfu Sya`ban Tak Berlalu Begitu Saja
Raih keberkahan Nisfu Sya'ban dengan memperbanyak ibadah sunah dan amalan baik.

Dream - Ketika Sya'ban datang, momen yang begitu dinantikan umat Islam adalah Nisfu Syaban atau tengah bulan Sya'ban. Sebab, momen ini diyakini sebagai saat tersebarnya banyak pahala.

Pada tahun ini, 1439 H atau 2018 M, Nisfu Sya'ban jatuh pada Sabtu malam, 28 April sampai Selasa sore, 1 Mei. Hari-hari itu bertepatan dengan tanggal 13-15 Syaban.

Sangat dianjurkan untuk menjalankan amalan ibadah sunah sebagai bekal merayakan Nisfu Sya'ban. Amalan yang paling lazim dikerjakan adalah puasa sunah di siang hari.

Untuk mengidupkan malamnya, dapat dengan memperbanyak ibadah dan amalan baik.

Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki dalam Ma Dza fi Sya'ban menjelaskan pada malam-malam Nisfu Sya'ban, Allah mengampuni dosa orang yang memohon ampunan, mengasihi mereka yang memohon kasih, menjawab setiap doa, meringankan penderitaan orang susah, dan membebaskan orang dari neraka.

Selain puasa, ada tiga amalan yang bisa dikerjakan di malam Nisfu Sya'ban. Amalan pertama adalah membaca doa, berdasarkan hadis riwayat Al Baihaqi dari Abu Bakar, Rasulullah Muhammad SAW bersabda,

" (Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam Nisfu Sya'ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan)."

Amalan kedua, memperbanyak berzikir dengan lafal syahadat. Dua kalimat ini bagus dibaca kapan saja, terutama di malam Nisfu Sya'ban.

Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan demikian.

" Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Sya’ban dan malam pertengahannya."

Amalan ketiga, lebih banyak mengucap istighfar. Kalimat ini bisa menjadi pembuka pintu ampunan atas segala dosa.

" Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya’ban dan malam pertengahannya. Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Alquran dan hadis. Pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan."

Selengkapnya...

(ism)

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik