OKI Serukan Penyelamatan Warisan Budaya Islam

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 6 November 2017 18:00
OKI Serukan Penyelamatan Warisan Budaya Islam
Komitmen ini untuk melindungi warisan budaya yang hilang dan rusak.

Dream - Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama Islam (OKI),Yousef bin Ahmed Al-Othaimeen, mendesak anggotanya untuk menyelamatkan dan melindungi sisa-sisa warisan budaya Islam dari tindakan menghilangkan dan pembiaran.

" Kita perlu segera bergerak dengan tujuan menyelamatkan warisan budaya kita yang kaya," kata Al-Othaimeen, dikutip Dream dari Arab News, Senin 6 November 2017.

Permintaan itu diserukan Al-Othaimeen, dalam konferensi internasional bertajuk Islamic Action for the Protection of Cultural Heritage yang digelar di Turki, 1 hingga 2 November 2017.

Al-Othaimeen menyerukan kepada anggota-anggota OKI untuk berinisiatif dan bekerja sama untuk melestarikan dan memulihkan warisan budaya Islam yang terancam punah di negara-negara Islam.

 Masjid Biru, Turki© Shutterstock

Para anggota OKI diminta mengadopsi ketentuan kebijakan dan rencana perlindungan warisan budaya yang akan dikeluarkan pada Konferensi Menteri Kebudayaan ke-10, yang digelar di Khartoum, Sudan pada 21 hingga 23 November 2017.

Al-Othaimeen menekankan bahwa OKI telah berkomitmen untuk menjadi benteng dan pelindung warisan budaya dan identitas Islam. OKI, kata dia, telah memberikan prioritas tertinggi untuk perlindungan warisan budaya di tempat-tempat suci.

 Alquran kuno di Museum Nasional Riyadh© Shutterstock

Al-Othaimeen menunjukkan bahwa pelestarian, perlindungan, dan pengayaan, warisan budaya akan berkontribusi untuk melawan penggerusan citra Islam.

Sementara, Direktur Jenderal Kebudayaan OKI, Mehla Ahmed Talebna, mengatakan dalam Konferensi Internasional tentang Warisan Budaya Islam Dunia ke-9, di Muscat, Oman, terdapat beberapa rujukan untuk melindungi peninggalan peradaban Islam.

Identitas budaya dan memori peradaban Islam semisal pengetahuan sejarah, ilmu pengetahuan kuno, nilai universal, gagasan arsitektur tradisional, tradisi, menjadi beberapa yang penting untuk dijaga.

Beri Komentar