Malaysia Bangun Replika Masjidil Haram

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 6 November 2017 16:36
Malaysia Bangun Replika Masjidil Haram
Kelantan akan punya simbol baru berupa 'Masjidil Haram'.

Dream - Malaysia tengah membangun masjid yang mirip dengan Masjidil Haram, Mekah. Tempat ibadah tersebut dibangun di Gua Musang, Kelantan, Malaysia.

Pembangunan masjid yang akan menjadi simbol Gua Musang itu menelan biaya hingga 27 juta ringgit, setara Rp86 miliar. Masjid ini ditargetkan selesai paling lambat pada April tahun depan.

Pimpinan Barisan Nasional (BN) Kelantan, yang juga anggota Ahli Dewan Perundangan Negara (ADUN) Galas, Ab. Aziz Yusoff, mengatakan bahwa proses pembangunan masjid ini sudah berjalan 36 persen. Menurut dia, masjid ini akan menjadi ikon baru kawasan terpencil di Kelantan tersebut.

" Kemungkinan besar masjid ini akan siap sebelum April. Kami menargetkan menjelang Maret masjid ini sudah bisa digunakan untuk ibadah," kata Ab. Aziz, dikutip dari Mynewshub, Senin 3 November 2017.

 Replika Masjidil Haram di Malaysia© mynewshub.cc

Ab. Aziz menambahkan, masjid ini diharapkan dapat menampung lebih banyak jemaah. Mengingat, jumlah jemaah sholat Jumat, Idul Fitri, dan Idul Adha, kerap membludak dan tidak tertampung di masjid lama.

Sementara, Sekretaris UMNO cabang Gua Musang, Tuan Mustapha Tuan Soh, mengatakan, masjid ini akan dilengkapi ruang kelas dan kursus, ruang komputer dan perpustakaan.

 Replika Masjidil Haram di Malaysia© mynewshub.cc

Ab. Aziz mengaku sudah tidak sabar menyaksikan masjid tiruan Masjidil Haram itu siap sepenuhnya. Nantinya, masjid juga dilengkapi lahan parkir luas, rumah imam dan dewan masjid.

" Bangunan masjid juga mempunyai sembilan buah menara setinggi 30 meter menyerupai Masjidil Haram di kota Mekah," ucap Ab. Aziz.

Masjid ini memiliki kapasitas maksimal 3.000 jemaah. Replika Kabah juga akan dibangun sebagai sarana bagi calon jemaah haji menjalankan manasik.

Beri Komentar