Banyak yang Keliru, Ini Posisi Imam Wanita Saat Sholat Berjemaah

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 20 September 2018 20:00
Banyak yang Keliru, Ini Posisi Imam Wanita Saat Sholat Berjemaah
Apakah imam wanita berada di depan makmum atau dalam shaf?

Dream - Setiap Muslim dianjurkan untuk melaksanakan sholat dengan berjemaah. Ganjarannya jauh lebih besar dari pada sholat sendiri, 27 kali lipat.

Anjuran ini berlaku bagi pria maupun wanita. Bahkan, kaum wanita juga dibolehkan melaksanakan sholat jemaah di antara sesamanya, dipimpin imam wanita dengan makmum juga wanita.

Pada jemaah pria, Imam berada di depan shaf pertama jika jemaahnya lebih dari dua orang. Jika makmumnya hanya satu atau dua, posisi imam hanya berjarak satu telapak kaki dengan makmumnya.

Nah, bagaimana posisi imam wanita? Berikut pembahasannya.

 

1 dari 1 halaman

Di Mana Posisi Imam Wanita?

Dikutip dari bincangsyariah, posisi imam pada sholat jemaah wanita adalah berada di tengah shaf makmumnya. Hal ini seperti dijelaskan Imam Syafi'i dalam kitab Al Umm.

" (Boleh) perempuan menjadi imam bagi para perempuan lainnya di dalam sholat fardlu atau lainnya, dan saya memerintahkannnya untuk berada di tengah shaf (para makmumnya)."

Pandangan Imam Syafi'i didasarkan pada hadis riwayat Ad Daruquthni dari Rithah Al Hanafiyah yang berkata,

" Aisyah pernah menjadi imam kami, lalu ia berdiri di antara kami dalam sholat fardlu."

Juga pada riwayat Ibnu Abi Syaibah dari Ummul Hasan yang melihat Ummu Salamah menjadi imam para wanita. " Dan ia (Ummu Salamah) berdiri bersama mereke di dalam shaf mereka."

Tetapi, apabila imam wanita tidak berada di tengah-tengah shaf makmumnya, sholat jemaah itu tetap sah. Ini seperti dijelaskan Imam Syafi'i.

" Jika wanita itu berdiri di depan para wanita lainnya (makmum), maka sholatnya dan sholat oragn yang berada di belakangnya tercukupi (sah)."

Selengkapnya...

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen